TOL INDRAMAYU KERTAJATI, Asrama Haji Terhubung ke BIJB, Akses Makin Cepat

TOL INDRAMAYU KERTAJATI, Asrama Haji Terhubung ke BIJB, Akses Makin Cepat

Asrama Haji Indramayu akan terhubung ke BIJB atau Bandara Kertajati via Tol Kertajati Indramayu.-Ist-radarmajalengka.com

INDRAMAYU, RADARMAJALENGKA.COM - Akses Tol INDRAMAYU Kertajati akan menunjang keberadaan Asrama Haji yang berada di Jalan Raya Pantura Lohbener.

Saat ini, akses lalu lintas dari Asrama Haji Indramayu ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka menggunakan jalur arteri.

Rute yang ditempuh adalah Lohbener, Widasari, Bangodua, Jalan Raya Kadipaten-Jatibarang, Jatitujuh dan menuju ke Kertajati.

Jarak tempuh antara Bandara Kertajati ke Asrama Haji Indramayu sekitar 46 kilometer dengan waktu tepuh 1 jam.

BACA JUGA:KABAR TERBARU! Tol Terpanjang di Indonesia Dibangun Tahun Ini, Bandung Tembus ke Tasikmalaya

Tetapi, bila Tol Kertajati Indramayu direalisasikan, akses antara Asrama Haji ke bandara akan lebih cepat via tol.

Dengan jarak hanya 46 kilometer, tentu hanya butuh waktu 20 menit saja untuk sampai ke Bandara Kertajati.

Sebagai informasi, Asrama Haji Indramayu merupakan fasilitas transit untuk jamaah calon haji dari Jawa Barat yang berangkat dari Bandara Kertajati.

Pembiayaan pembangunan asrama haji tersebut menggunakan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

BACA JUGA:NGGAK SABAR! Tol Cisumdawu Selesai Maret 2023, Simak Kondisi di Seksi 4 dan 5 Terbaru Arah Majalengka

Di area Asrama Haji Indramayu terdapat kamar tidur, ruang kerja dan aula. Selanjutnya, akan dibangun fasilitas penunjang lain, antara lain masjid, miniatur Ka'bah, studio manasik dan replika pesawat.

Sebelumnya, Bupati Indramayu, Nina Agustina mengusulkan adanya percepatan pembangunan Tol Kertajati Indramayu yang terhubung dengan Tol Cisumdawu dan Cipali.

Apalagi, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Tol Cisumdawu diperkirakan pada Maret 2023 bakal beroperasi penuh dan menghubungkan Bandung dengan Kabupaten Majalengka.

Alsan utamanya adalah kebutuhan akses dan pengembangan kawasan, Bupati Nina berharap pembangunan Tol Indramayu tidak dilaksanakan pada 2025 sampai dengan 2029.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: