Bakesbangpol gagas ngobrol bareng ormas

Bakesbangpol gagas ngobrol bareng ormas

Bakesbangpol gagas ngobrol bareng ormas--

Radarmajalengka.id, KERTAJATI- Badan  Kesatuan  Bangsa dan  Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Majalengka menggelar  acara    ngobrol bareng bersama ormas   berthema pemberdayaan ormas mewujudkan  Majalengka Raharja  bertempat di Hotel Horison Ultima Kertajati Kabupaten Majalengka, Rabu (20/7)  kemarin.

Acara yang di buka Wakil Bupati  Majalengka, Tarsono D Mardiana dipenuhi ratusan pengurus Ormas se Kabupaten Majalengka.

Ngobrol Bareng bersama Ormas yang dipandu moderator Sekban Kesbangpol Majalengka, Oo Taufik, SSos  menghadirkan narasumber Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Majalengka, Eman Sulaeman, SH MH, Kapolres AKBP Edwin Affandi, Kasdim 0617 Mayor Inf Sugiyono  dan   Kepala Bidang Ekonomi, Seni  Budaya  dan Ormas   pada Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Ruliandi, SE MSi.

Hadir  pada acara pembukaan Ketua DPRD Majalengka, Drs H Edi Anas Djunaedi MM beserta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Majalengka.

BACA JUGA:Satpol PP Tertibkan Gepeng di Lame Oleced, Sering Mangkal

Wabup Tarsono D Mardiana mengapresiasi  kegiatan Ngobrol Bareng Ormas tersebut.   Wabup Tarsono berharap ormas bisa bersinergi  dengan pemerintah untuk mensukseskan pembangunan di Kabupaten Majalengka.

Wabup Tarsono menyebut  kegiatan ini   momentum yang berharga dan kesempatan luar biasa karena  kewajiban pemda  untuk berdayakan semua ormas  “Kebijakan pemda harus  dirasakan rakyat  dan memberi manfaat serta  pimpinan organisasi itu  harus siap di kritik  sekalipun  pedas  karena kritik pedas itu sesungguhnya obat  untuk perbaikan kedepan.” Tandas Wabup.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Majalengka, Dr H Heri Rahyubi MPd  menyebutkan kegiatan Ngobrol Bareng  Ormas  merupakan kegiatan pemberdayaan organisasi kemasyarakatan (ormas). Menurut Heri,  tupoksi pemerintah itu  yakni fungsi pembangunan, pemberdayaan dan layanan  kepada masyarakat. “Ngobrol Bareng  Ormas  merupakan  tupoksi pemerintahan dalam pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Heri  menyebutkan  saat ini peran  ormas  sangat penting dalam mendampingi pemerintah  baik eksekutif, legislatif  maupun yudakatif .

BACA JUGA:Pencurian Modus Rental Mobil Online di Majalengka, Korban Diikat Pelaku, Kaki Disayat

Kabid Poldagri dan Ormas) pada Kesbangpol Majalengka, Ida Agustina Fitriani,SPd menambahkan   jumlah lembaga yang di undang mencapai  150 lembaga masing- masing ketua dan sekretaris. “Jadi seluruh peserta  yang hadir mencapai  300 orang yang terdiri dari ormas, LSM ,OKP  dan yayasan yang terdaftar di Kesbangpol. Kami meminta  Ormas untuk melaporkan kepengurusan  ormas secara berkala dan rutin karena itu kewajiban ormas,” tandas Ida.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Majalengka menegaskan  bahwa ormas  itu suatu organisasi  yang  didirikan masyarakat  secara sukarela karea ada kesamaan  tujuan serta tidak ada yang  menyuruh. “Kami   apresiasi kesbangpol karena baru  kali ini  bersilaturahmi dan memberikan pembinaan kepada pengurus ormas.”Ormas  memiliki kewajiban  memberikan rasa aman  dan damai kepada masyarakat, acungan jempol bagi Kesbangpol Majalengka,” ujar Kajari Eman disela  memberikan materinya.

Senada Kapolres Edwin  menyatakan bersyukur kondisi Majalengka   tetap aman,   sejuk dan  nyaman. “Mari kita bersama sama  untuk  mencegah  adanya konflik di masyarakat agar Majalengka tetap kondusif  dan kuncinya ormas itu   4 pilar kebangsaan yakni  Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

Kabid  Ruliandi menyebut jumlah ormas di Jawa Barat mencapai  1424 ormas  dan  99 persen sudah  berbadan hukum.

BACA JUGA:Korban tenggelam di Sungai Cihaliwung Majalengka, Berhasil Dievakuasi Dalam Kondisi Meninggal Dunia

 Sementara, Wakil Ketua Penggiat Anti Narkoba Indonesia (PANI)  DPD Majalengka, H Aminudin, SPd MSi  menyatakan terima kasih kepada  Kesbangpol Majalengka yang sudah mengundang  ormas se-  Kabupaten Majalengka. Amin berharap   ormas di Kabupaten Majalengka dapat diberdayakan  untuk kemajuan Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Yamaha Ajak Konsumen Dan Komunitas Ambil Bagian Di Event bLU cRU, Tambah Pengalaman Berharga  

 

.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: