RADARMAJALENGKA.COM-Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nusron Wahid, mencanangkan transformasi layanan pertanahan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat.
“Kita akan berfokus pada bagaimana transformasi dan percepatan pelayanan. Karena tugas pokok Kementerian ATR/BPN adalah memberikan layanan di bidang pertanahan,” ujar Nusron saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) di Jakarta, Selasa (26/8/2025).
BACA JUGA:Pemkab dan DPRD Majalengka Komitmen Lunasi Tunggakan BPJS Rp86 Miliar Demi Layanan Kesehatan
Salah satu langkah yang ditempuh adalah memangkas birokrasi dalam setiap layanan yang diajukan masyarakat. Nusron berharap penyederhanaan ini akan berdampak langsung pada peningkatan kepuasan publik.
Selain itu, perubahan struktur di level Kanwil dan Kantah juga akan diusulkan agar sumber daya manusia lebih efektif. Penyesuaian dilakukan berdasarkan beban layanan dan luas wilayah masing-masing.
“Namun, proses simplifikasi ini tidak boleh mengurangi keakuratan, kehati-hatian, kepatuhan, dan standar yang berlaku,” tegas Nusron.
BACA JUGA:ATR/BPN Dukung Transmigrasi Lewat Sertipikasi Tanah dan Reforma Agraria untuk Ekonomi Berkelanjutan
Rapim diikuti oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama ATR/BPN secara luring, serta Kepala Kanwil dan Kepala Kantah BPN se-Indonesia secara daring.