Ubah Tantangan Jadi Peluang, Seminar Digital Branding Desa Kemukten Dorong UMKM Tembus Pasar Digital

Jumat 16-08-2024,18:02 WIB
Reporter : Ono Cahyono
Editor : Ono Cahyono

 

Seminar ini mendapat dukungan penuh dari berbagai elemen masyarakat, ditandai dengan kehadiran kepala Desa Kemukten Rusnali, ketua UMKM, dan ketua RW setempat. 

 

Dukungan ini, menegaskan pentingnya kolaborasi antara akademisi, pemerintah desa, dan pelaku usaha dalam memajukan ekonomi lokal.

 

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Maya Nurhayati MPd menambahkan, bahwa inisiatif para mahasiswa KKN-T UNMA dalam melakukan kegiatan ini, merupakan langkah berarti dalam memberdayakan UMKM Desa Kemukten menghadapi era digital. 

 

Dengan membekali para pengusaha lokal dalam hal pengetahuan dan alat praktis untuk branding digital, seminar ini membuka jalan bagi mereka untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan daya saing, dan pada akhirnya, mendorong pertumbuhan ekonomi desa.

 

"Seminar 'Membangun Identitas dan Menarik Konsumen' ini bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga tentang membangun kepercayaan diri para pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan era digital," tambah Maya. 

 

Dengan bekal yang diperoleh dari seminar ini, diharapkan para pengusaha lokal Desa Kemukten dapat melangkah dengan lebih percaya diri di kancah perdagangan digital, membawa produk-produk lokal mereka ke panggung yang lebih luas. Dan pada akhirnya, berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan. (ono)

Kategori :