Kini Starlink Hadir Di Indonesia! Ini Permintaan Pemerintah ke Elon Musk

Jumat 24-05-2024,07:44 WIB
Reporter : Ahmad Denis Fayumi
Editor : Ahmad Denis Fayumi

Kendati begitu Pemerintah berkomitmen untuk menjaga Starlink agar selalu menaati regulasi yang ada serta persaingan usaha yang sehat.

Menkominfo menekankan regulasi yang ada sudah mengamanatkan skema kerja sama dengan operator lokal yang mencakup interoperabilitas layanan, akses kerja sama jaringan, penelitian, pengembangan teknologi, dan pengembangan kapasitas lokal.

BACA JUGA:Mengkonsumsi Nanas Sering Buat Gatal? Ini Manfaat dan Cara Konsumsi Nanas Yang Baik dan Benar

“Jadi kehadiran Starlink justru dapat menjadi mitra bagi operator lokal untuk melakukan kerja sama dengan mekanisme B to B. Selain itu, Starlink Indonesia juga beroperasi dengan menggunakan IP Indonesia sehingga tetap memiliki kontrol atas penyelenggaraan Starlink di Indonesia,” urai dia.

Terkait atas kekhawatiran akibat adanya potensi ancaman akibat kehadiran layanan internet satelit, Budi Arie menyatakan bakal terus melakukan komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan sektor telekomunikasi.

"Kita berharap nanti kita akan berkoordinasi terus dan berdiskusi dengan banyak ekosistem pemangku kepentingan agar kita bisa memberikan regulasi yang fair dan juga bisa mendukung pertumbuhan serta kemajuan transformasi digital di Indonesia," pungkasnya.

 

Kategori :