WOW MANTAP! Area Geofoam Selesai, Tol Cisumdawu Selesai Akhir Mei

WOW MANTAP! Area Geofoam Selesai, Tol Cisumdawu Selesai Akhir Mei

Area geofoam EPS di Seksi 5A Tol Cisumdawu yang diperkirakan akan selesai pada akhir Mei 2023.-Apri Subroto/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pembangunan Tol Cisumdawu diperkirakan akan selesai pada akhir Mei 2023. Apalagi, saat ini titik krusial yakni area geofoam EPS di Seksi 5A sudah hampir rampung.

Dari pantauan visual, terlihat area geofoam EPS di STA 40+200 sudah memasuki tahap pembetonan. Karenanya, target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan selesai akhir Mei kemungkinan besar tercapai.

Secara umum, pekerjaan di Seksi 5A Jalan Tol Cisumdawu sudah hampir rampung dan memasuki tahap finishing. Tinggal di STA 40+200 atau area geofoam EPS yang masih dalam tahap konstruksi.

Area ini juga terlihat pengerjaannya dikebut, karena dilakukan siang dan malam. Progresnya pun terlihat signifikan, karena terlihat pekerja dari Kontraktor PT Adhi Karya sudah merampungkan insulasi dengan material geofoam EPS.

BACA JUGA:Menggeliatnya BIJB Harus Direspon Cepat Oleh Pemerintah Daerah

Selanjutnya sudah dilakukan pemasangan membrane untuk persiapan pembetonan di beberapa segmen dan sisanya tinggal sebagian kecil saja.

Sebagai informasi, penggunaan material geofoam di pembangunan Jalan Tol Cisumdawu cukup masif. Sebab, banyak terdapat area tanah labil dan rawan dengan pergerakan.

Misalnya di Seksi 5A STA 40+200, yang dilakukan pemasangan material geofoam EPS sebanyak 40 ribuan meter kubik sebagai pengganti urugan tanah.

Area ini sebelumnya telah dilakukan penggalian dan diurug dengan material keras dengan volume timbunan hampir 80 ribu meter kubik.

BACA JUGA:KEREN! Harun Calon Haji Tertua Asal Pamekasan yang Nekat Berangkat di Usia 119 Tahun

Selanjutnya, penggunaan geofoam juga dilakukan di akses jalan warga di Overpass Cipamekar. Material ringan in, juga dipakai di Seksi 5B tepatnya di STA 52+000.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menginstruksikan penyelesaian konstruksi Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka - Dawuan) sepanjang 29,3 km pada awal Juni 2023.

Sehingga Jalan Tol Cisumdawu dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km dari mulai Cileunyi sampai dengan Kertajati Majalengka.

"Jalan Tol Cisumdawu merupakan proyek strategis nasional yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Segera operasionalkan dengan tetap mengutamakan kualitas, safety, dan estetika. Ruas Tol Cisumdawu sekaligus juga untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," tegas Menteri Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: