MENGHITUNG HARI Tol Cisumdawu Selesai, Bandung ke Kertajati 1 Jam

MENGHITUNG HARI Tol Cisumdawu Selesai, Bandung ke Kertajati 1 Jam

Pekerjaan Tol Cisumdawu tinggal menghitung hari dan tersambung dari Bandung ke Kertajati. -Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tinggal menghitung hari Tol Cisumdawu selesai secara konstruksi, sejak pertama kali dikerjakan di tahun 2011 dan ditandai dengan peletakan batu pertama.

Setelah 12 tahun berlalu, kini Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah benar-benar jadi dan sebentar lagi bisa dipakai masyarakat. Tentunya diawaki operasi secara fungsional.

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu yang sejak awal diperuntukan sebagai akses penghubung Bandung dengan Kertajati, Majalengka sempat terhambat dengan masalah pembebasan lahan.

Sampai akhirnya dapat dilanjutkan dan kini mendekati selesai. Sesuai target dari Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pada akhir Mei diharapkan sudah beroperasi fungsional untuk Seksi 4 sampai dengan 6.

BACA JUGA:RAMAI LAGI, Pemandangan yang Sudah Lama Tak Terlihat di Bandara Kertajati Majalengka

Sehingga ruas tol tersebut dapat terhubung dari mulai Cileunyi di Kabupaten Bandung sampai dengan Kertajati di Kabupaten Majalengka yang terhubung dengan Jalan Tol Cipali di Km 152.

"Akhir Mei paling lambat sudah beroperasi penuh. Bisa digunakan untuk mendukung Bandara Kertajati," kata Menteri Basuki, ketika melakukan peninjauan.

Progres Konstruksi

Sejauh ini, kontraktor Tol Cisumdawu sudah menyelesaikan beberapa pekerjaan penting. Misalnya pembangunan Jembatan Gunung Puyuh di Seksi 5B yang baru saja selesai pembetonan lantai jembatan dan akan dilanjutkan dengan pengaspalan.

Namun, di sekitar lokasi masih ada pekerjaan untuk penguatan badan jalan di Jalur A. Terutama dekat dengan perbatasan Seksi 6. Lokasi ini, menggunakan urugan tanah yang cukup tinggi. Sehingga beberapa kali terjadi longsoran juga ambles.

BACA JUGA:Alasan Tol Cisumdawu Sangat Penting untuk Bandara Kertajati, Maskapai Berpikir 2 Kali

Bergeser ke lokasi lain, salah satu titik yang sangat krusial adalah pembangunan jalan dengan fondasi dari geofoam eps. Yakni di Seksi 5A. Pekerjaan tersebut, dilakukan untuk mengatasi struktur tanah yang labil dan berair.

Kemudian di Seksi 5A juga terdapat pekerjaan main road Jalur B. Yang menurut laporan progres dari PT Adhi Karya hanya menyisakan sekitar 1 kilometer lagi. Pekerjaan lainnya ada penyelesaian penguatan pada tebing dan lereng di kanan dan kiri jalan.

Sedangkan di Seksi 4B masih terdapat pekerjaan untuk pembangunan Interchange Legok dan Gerbang Tol Paseh. Namun, konstruksi ini tidak mempengaruhi main road Tol Cisumdawu untuk tersambung dari Bandung ke Kertajati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: