15 HARI LAGI Tol Cisumdawu Selesai, Bandung - Kertajati 1 Jam Saja, Nggak Perlu Keluar Cimalaka

15 HARI LAGI Tol Cisumdawu Selesai, Bandung - Kertajati 1 Jam Saja, Nggak Perlu Keluar Cimalaka

Tol Cisumdawu 15 hari lagi selesai dikerjakan dan dapat digunakan untuk perjalanan Bandung - Kertajati Majalengka.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - 15 hari lagi Tol Cisumdawu selesai dan bisa digunakan dari Bandung - Kertajati dengan waktu tempuh 1 jam serta tidak perlu lagi keluar di Gerbang Tol Cimalaka.

Seperti diketahui, penggunaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan saat ini baru sebatas dari Cileunyi sampai dengan Cimalaka.

Setelah itu, perjalanan Bandung - Majalengka masih harus ditempuh via Gerbang Tol Cimalaka lalu berlanjut menggunakan Jalan Raya Cirebon Bandung.

Tetapi mulai akhir Mei atau paling tidak awal Juni 2023, perjalanan sudah bisa full menggunakan jalan tol dengan waktu tempuh diperkirakan sekitar 1 jam saja.

BACA JUGA:15 HARI LAGI Tol Cisumdawu Tersambung Bandung - Kertajati, Begini Penampakannya

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan, target Tol Cisumdawu paling tidak selesai di akhir Mei atau awal Juni.

Sehingga dapat beroperasi secara fungsional dan penuh 2 jalur dari Bandung ke Kertajati, sehingga dapat menopang akses perjalanan menuju Bandara Internasional Kertajati Majalengka.

Target dari Menteri PUPR tersebut juga dipertegas oleh Direktur Jenderal Bina Marga, Heddy Rahadian yang melakukan kunjungan ke Seksi 4 dan 5 untuk meninjau progres pembangunan.

Hedy juga menginginkan pembangunan akses ke Gerbang Tol Paseh yang tersambung ke Jalan Raya Paseh - Conggeang dapat segera diselesaikan.

BACA JUGA:Ketika Para Cyclist Cirebon 'Manasik' Keliling Gunung Ciremai, Naik Hajinya di Bromo KOM 2023

"Seksi 4 dan 5 ditargetkan selesai pada akhir Mei 2023. Sehingga keseluruhan Jalan Tol Cisumdawu dapat tersambung dan difungsionalkan secara keseluruhan," kata Hedy.

Merujuk pernyataan tersebut saat beroperasi pada akhir Mei atau awal Juni nanti, berarti Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 juga masih gratis alias belum bertarif.

Tetapi penggunaannya berbeda dengan saat arus mudik dan balik, karena akan dipakai secara keseluruhan 2 jalur dan 2 arah (A dan B) dengan masing-masing terdiri dari 2 lajur kendaraan.

Tidak hanya itu, Hedy juga berharap akses menuju Gerbang Tol Paseh sudah dapat diselesaikan pada akhir Mei. Sehingga bisa digunakan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: