TOL CISUMDAWU Sampai Mana Sekarang? Simak Penjelasannya

TOL CISUMDAWU Sampai Mana Sekarang? Simak Penjelasannya

Tol Cisumdawu sudah sampai mana saat ini, simak informasi dari PT CKJT. -Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu sudah sampai mana sekarang? Dan kapan mulai dapat beroperasi penuh, simak penjelasan lengkapnya. 

Seperti diketahui, sampai dengan saat ini Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah beroperasi mulai dari Seksi 1 Cileunyi -  Pamulihan, Seksi 2 Pamulihan - Sumedang dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka. 

PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan, sudah 32,55 kilometer Jalan Tol Cisumdawu yang beroperasi penuh dan dikenakan tarif yakni dari Cileunyi sampai dengan Cimalaka.

Sedangkan untuk ruas selanjutnya masih dalam tahap konstruksi. Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, Bagus Medi menjelaskan, saat ini Tol Cisumdawu di Seksi 4 sudah selesai konstruksi. 

BACA JUGA:UPDATE Terkini TOL CISUMDAWU dari Majalengka, Sudah Selesai dan Siap Dilewati

Kemudian di Seksi 6 sudah selesai dan siap beroperasi. Sedangkan di Seksi 5 masih dalam tahap konstruksi. Diperkirakan pada akhir April 2023 sudah selesai seluruhnya.

"Seksi 5 kita kejar tayang. Seksi 4 dan 6sudah selesai konstruksi. Seksi 1, Seksi 2, 3 sudah beroperasi penuh," katanya. 

Sebagai informasi, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp. 5,5 Triliun. 

Dari keenam seksi, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dikerjakan oleh Pemerintah. Seksi 1, 2 dan 3 sudah operasional 100 persen. 

BACA JUGA:28 HARI LAGI Beroperasi, Ini 3 Fakta Tol Cisumdawu Terkini, Masih Urugan Jalan dan Ada Jembatan Baru

Kemudian Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km sudah selesai 100 persen. 

Untuk pembangunan Seksi IV Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi V A dan B Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan sudah selesai. 

Saat ini baru Seksi 6 yang sudah tuntas dan siap beroperasi. Sedangkan seksi 4 baru selesai konstruksi dan seksi 5 belum selesai. 

Demikian informasi Tol Cisumdawu sudah sampai mana, yang pada arus mudik tahun 2023 diharapkan beroperasi penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: