Jebor, Maskot Pilkada 2024

Jebor, Maskot Pilkada 2024

JEBOR: Inilah maskot yang diluncurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 di Taman Alun-alun Kota Majalengka, pada Rabu sore, 5 Juni 2024.-Ono Cahyono-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka meresmikan Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 di taman alun-alun Kota Majalengka, pada Rabu sore, 5 Juni 2024.

Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Teguh Fajar Putra Utama, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari tahapan Pilkada tahun 2024 untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan digelar pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Maskot dan tagline tersebut adalah hasil dari seleksi sayembara yang telah dilakukan sebelumnya oleh KPU Kabupaten Majalengka.

Maskot untuk Pemilihan Bupati Majalengka adalah Si Jebor. Maskot perempuan diberi nama Jeni, sedangkan maskot laki-laki diberi nama Bora (Jebor).

BACA JUGA:KPU Ajak Sukseskan Pilkada

Alasan pemilihan Jebor sebagai maskot Pilkada Majalengka adalah karena dalam bahasa Indonesia, "Jebor" memiliki arti pabrik genting.

Pilihan ini tidak dilakukan secara sembarangan karena genting merupakan salah satu identitas dari Majalengka.
"Sebagaimana yang diketahui, produksi pabrik genting di Majalengka cukup banyak. Oleh karena itu, KPU memilih Jebor sebagai maskot untuk mendorong UMKM lokal sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Majalengka," ungkap Teguh.

Maskot Jebor terdiri dari sepasang, laki-laki dan perempuan, dengan wajah yang terbuat dari genting. Keduanya mengenakan baju kodok berwarna denim lengkap dengan logo KPU di dada. Selain itu, keduanya juga memegang paku dan kertas surat suara.

Dengan peluncuran ini, Teguh berharap angka partisipasi pemilih di Kabupaten Majalengka dalam pilkada ini akan semakin meningkat, sementara kondusifitas akan terjaga, sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang baik bagi masyarakat Majalengka.

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Komitmen Selesaikan Konflik Agraria

"Dengan hadirnya maskot ini, kami berharap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024. Maskot ini memiliki warna coklat dan gradasi warna yang berpadu dengan warna navy," tambahnya.

Kegiatan peluncuran ini dimeriahkan oleh Artis pantura dan pertunjukan budaya khas Majalengka, yaitu karinding. Acara ini dihadiri oleh PJ Bupati Majalengka Dedi Supandi, Forkopimda, Sekda, Sekretaris KPU Jawa Barat, Ketua Bawaslu, Ketua MUI, Parpol, PPK, dan PPS. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: