Ternyata Ubi Cilembu Kaya Akan Manfaat Loh! Kenali Beberapa Manfaatnya Berikut

Ternyata Ubi Cilembu Kaya Akan Manfaat Loh! Kenali Beberapa Manfaatnya Berikut

Manfaat ubi Cilembu yang menyehatkan bagi tubuh -Kompas.com-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Ubi cilembu sebenarnya adalah Ubi jalar yang dibudidayakan di Desa Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Dibandingkan dengan jenis Ubi jalar lainnya, Ubi cilembu memiliki rasa yang lebih manis. rasa manis ini berasal dari cairan lengket seperti madu yang keluar saat Ubi cilembu dipanggang. Perbedaan rasa manis ini dipengaruhi oleh lokasi budidaya dan masa penyimpanan Ubi. Soalnya, Ubi cilembu biasanya disimpan selama 3 minggu sebelum diolah dan proses ini membuat kadar gula pada Ubi cilembu meningkat. Tak heran jika Ubi cilembu yang sering kamu temukan di jalanan menuju Puncak Bogor ini punya banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat Ubi cilembu yang bisa kamu peroleh jika rutin mengonsumsinya:

BACA JUGA:Ini Dia Syarat Sah Hewan Yang Boleh Dikurbankan. Simak Lengkapnya!

1. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat ini berkat senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan penyerapan gula ke dalam sel, sehingga kadar gula darah lebih terkendali. Selain itu, ubi cilembu juga memiliki indeks glikemik sedang, jadinya aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun, hindari mengolahnya dengan cara dipanggang atau digoreng. Karena, pengolahan ubi cilembu dengan cara tersebut membuat indeks glikemiknya menjadi tinggi.

2. Mengatasi sembelit

Kandungan antioksidan di dalam ubi cilembu juga turut berkontribusi dalam menjaga kesehatan pencernaan, salah satunya mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Dengan begitu, risiko terkena gangguan pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar dan diare, bisa diminimalkan.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Nah, kalau ingin menurunkan kadar kolesterol, ubi cilembu dapat menjadi pilihan yang tepat. Ini karena ubi cilembu mengandung serat yang mampu mengurangi kolesterol jahat, sehingga risiko terjadinya penyakit jantung pun menurun.

4. Menurunkan berat badan

Selain rendah kalori, manfaat ubi cilembu untuk menurunkan berat badan juga berasal dari kandungan seratnya yang tinggi. Serat dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak tergiur untuk untuk menambah asupan kalori di luar jam makan. Hal ini tentunya berdampak positif pada penurunan berat badan.

BACA JUGA:Tips Alami untuk Menghilangkan Kulit Belang, Perlu Dijaga dan Sering Perawatan

5. Menjaga kesehatan mata

Beta karoten tidak hanya memberikan warna cerah pada ubi cilembu, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, lho. Di dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A, yang mampu mencegah mata kering dan rabun senja serta menurunkan risiko terjadinya degenerasi makula. Oleh karena itu ubi cilembu juga dimasukkan dalam sumber vitamin A. Itulah beberapa manfaat dari ubi Cilembu yang bagus bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: