Ternyata Sagu Mengandung Banyak Manfaat Loh! Simak Beberapa Manfaatnya Berikut Ini

Ternyata Sagu Mengandung Banyak Manfaat Loh! Simak Beberapa Manfaatnya Berikut Ini

Manfaat sagu untuk tubuh-Halodoc-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Sagu merupakan bahan makanan yang berasal dari hasil ekstraksi batang pohon Sagu (Metroxylon Sagu). Perlu diketahui, pohon Sagu kaya akan pati, yaitu karbohidrat kompleks yang terdiri dari banyak molekul gula dan bisa menjadi sumber energi. Dalam satu pohon Sagu saja bisa terkandung sekitar 100–800 kilogram pati. Berkat mengandung banyak pati, manfaat Sagu yang bisa didapatkan salah satunya adalah bisa dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Bahkan, hingga saat ini, Sagu dikenal sebagai makanan pokok bagi masyarakat Indonesia bagian timur. Meski Sagu mengandung vitamin dan mineral yang lebih rendah jika dibandingkan dengan gandum utuh, bahan makanan yang satu ini tetap memiliki potensi manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat Sagu bagi kesehatan:

BACA JUGA:Text Loket Kejagung Diretas Maaf Aku Hack Usai Penguntitan Jampidsus, Kapuspenkum: Biasa, Sering Begitu

1. Melawan radikal bebas

Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat memicu kerusakan sel. Agar terhindar dari kondisi tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi sagu. Pasalnya, sagu kaya akan polifenol, seperti tanin dan flavonoid, yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh Anda.

2. Memberikan energi tambahan bagi tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sagu merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna menjadi glukosa dan mudah diserap oleh tubuh. Hal ini membuat sagu mampu memberikan energi tambahan bagi tubuh, terutama jika Anda melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

3. Mengontrol gula darah 

Sagu juga menjadi bahan makanan yang baik untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh. Manfaat yang satu ini bisa didapatkan karena kandungan pati di dalam sagu dapat meningkatkan metabolisme sehingga mampu mencegah lonjakan kadar gula darah.

4. Meningkatkan stamina stamina

Manfaat sagu yang berikutnya adalah meningkatkan stamina. Konsumsi sagu dan protein kedelai dalam bentuk suplemen dapat meningkatkan stamina tubuh saat melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan respons insulin pada pesepeda. Mereka tidak mudah kelelahan selama bersepeda dengan intensitas tinggi.

BACA JUGA:Tips Meratakan Warna Kulit Wajah yang Tidak Merata, Agar Tak Mudah Kusam

5. Menyehatkan saluran cerna

Mengonsumsi makanan yang kaya akan pati, termasuk sagu, dapat melancarkan pencernaan sekaligus menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di dalam usus. Selain itu, asupan pasti juga bisa mengurangi risiko Anda mengalami berbagai gangguan pencernaan, salah satunya sembelit. Demikian manfaat sagu yang harus anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: