Ingin Menurunkan Gula Darah? Berikut Deretan Jus Yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Ingin Menurunkan Gula Darah? Berikut Deretan Jus Yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Deretan jus yang dapat menurunkan gula darah -Alodokter-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Hiperglikemia merupakan kondisi kadar gula darah yang melebihi batas normal atau di atas 200 mg/dL. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, terutama pada penderita diabetes atau obesitas. Ada beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah, mulai dari genetik hingga pola hidup yang tidak sehat. Namun, mengonsumsi jus penurun gula darah secara rutin bisa menjadi cara alami untuk mengontrol atau menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Beberapa jus penurun gula darah biasanya mengandung banyak nutrisi, seperti serat dan antioksidan tertentu. Agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal, sebaiknya hindari penggunaan gula atau pemanis tambahan dalam pembuatan jus. Berikut ini adalah berbagai pilihan jus penurun gula darah yang bisa Anda buat sendiri di rumah:

1. Jus delima

Buah delima yang diolah menjadi jus tanpa tambahan gula bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi, sampai meningkatkan resistensi insulin. Selain itu, kandungan antosianin yang bersifat antioksidan berguna untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan dan mengontrol kadar gula darah.

BACA JUGA:Kenali Manfaat Dari Tanaman Okra Yang Jarang Diketahui

2. Jus apel

Buah apel bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus penurun gula darah. Pasalnya, buah ini memiliki angka indeks glikemik yang rendah, sehingga kadar gula darah terkontrol dan diabetes bisa dicegah.

3. Jus wortel

Bagi penderita diabetes atau orang yang sedang mempertahankan kadar gula darah, wortel bisa menjadi salah satu jus penurun gula darah berikutnya yang wajib dicoba. Pasalnya, wortel memiliki angka indeks glikemik yang rendah guna mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

BACA JUGA:Lionel Messi Beraksi Lewat 5 Assist, Suarez Cetak Gol Hattrick, Inter Miami Taklukan Red Bulls 6-2!

4. Jus tomat

Jus tomat juga mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini karena buah tomat mengandung serat yang tinggi sehingga memperlambat proses pencernaan. Dengan begitu, lonjakan kadar gula darah di tubuh tidak terjadi.

BACA JUGA:Rekomendasi Smart Watch yang Cocok untuk Badminton, Simak Selengkapnya

5. Jus buah bit

Bit merupakan salah satu buah yang bisa menjadi alternatif minuman jus penurun gula darah. Pasalnya, buah merah satu ini mengandung berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan, seperti antioksidan, folat, dan potassium. Bahkan, kandungan nitrat di dalamnya mampu meningkatkan aliran darah ke jantung. Selain itu, kandungan bahan alami di dalam buah bit efektif untuk menurunkan kadar gula darah dan insulin, sehingga kadar glukosa akan tetap terjaga. Itulah tadi beberapa jus yang dapat menurunkan gula darah dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: