Daun Rambutan Kaya Akan Manfaat! Berikut Beberapa Manfaatnya

Daun Rambutan Kaya Akan Manfaat! Berikut Beberapa Manfaatnya

Manfaat daun rambutan bagi kesehatan tubuh -UMSU-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Daun rambutan menyimpan segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Tak heran jika Daun rambutan sudah digunakan secara turun-temurun di Indonesia sebagai salah satu obat tradisional untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Daun rambutan kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, saponin, tanin, dan alkaloid. Selain itu, Daun rambutan juga kaya akan fitokimia. Bahkan, beberapa kandungan di dalam Daun rambutan bersifat antibakteri, antioksidan, dan antiradang yang efektif dalam melawan infeksi serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat Daun rambutan yang sayang jika dilewatkan:

1. Meredakan sakit kepala

Konsumsi makanan tinggi flavonoid, seperti daun rambutan, bisa meredakan sakit kepala dan migrain. Flavonoid dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga sakit kepala dan migrain dapat mereda.

BACA JUGA:Kadar Kolesterol Anda Naik? Berikut Obat Alaminya

2. Mengatasi rambut beruban

Rambut beruban terjadi ketika pigmen melanin pada folikel rambut berkurang seiring bertambahnya usia. Untuk mengatasi rasa kurang percaya diri akibat rambut beruban, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun rambutan. Kandungan tanin di dalam daun ini memiliki potensi untuk merangsang produksi melanin, sehingga dapat mencegah rambut beruban. Dengan menggunakan daun rambutan sebagai pewarna alami, rambut pun tampak lebih hitam dan berkilau.

3. Mengatasi jerawat

Daun rambutan bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di wajah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan alkaloid, tanin, saponin, dan flavonoid dalam daun rambutan bisa membunuh Propionibacterium acnes, yaitu bakteri penyebab jerawat.

BACA JUGA:5 Keutamaan Membaca Surah Al Kahfi di Hari Jumat, Salah Satunya Bisa Terhindar Dari Fitnah Dajjal

4. Mengurangi kerontokan rambut

Jika Anda memiliki masalah rambut rontok, cobalah gunakan produk perawatan rambut yang mengandung daun rambutan. Daun ini diketahui dapat menguatkan akar rambut, sehingga kerontokan dapat berkurang. Penggunaan daun rambutan juga bisa membuat rambut lebih tebal dan sehat.

BACA JUGA:Kepulauan Mentawai Jadi Sorotan, Usai Vokalis RHCP Anthony Kiedis Berlibur Sambil Bersantai Nikmati Suasana

5. Mengatasi ketombe

Adanya jamur yang berkembang biak di kulit kepala bisa mempercepat pembentukan sel-sel kulit baru di kepala yang menyebabkan terjadinya ketombe. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan sampo yang mengandung ekstrak daun rambutan. Kandungan alkaloid, tanin, saponin, dan flavonoid pada tanaman ini dapat menghambat pertumbuhan sekaligus membunuh jamur penyebab ketombe. Itulah beberapa manfaat daun rambutan yang baik untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: