Kuliner Khas Garut Yang Cocok dibawa Pulang Untuk Keluarga

Kuliner Khas Garut Yang Cocok dibawa Pulang Untuk Keluarga

Kuliner khas garut, salah satunya burayot-Orami-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Bicara soal makanan khas Garut, kebanyakan orang otomatis akan membayangkan dodol. Ya, dodol memang termasuk salah satu oleh-oleh yang banyak diincar di kota ini. Namun, sebenarnya masih ada banyak makanan Garut terkenal yang wajib dicicipi. Tak hanya memiliki banyak tempat wisata yang menarik, Garut juga menawarkan kuliner khas yang lezat. Berikut berbagai makanan khas Garut:

1. Angleng dan Aneka Wajit

Angleng dan wajit banyak diproduksi di Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Kedua panganan ini sebenarnya sama seperti dodol Garut yang dibuat dari beras ketan dan gula merah.

BACA JUGA:Durian Lato-lato? Yuk Simak Beberapa Durian Khas Dari Majalengka yang Nikmat, Lembut dan Legit!

2. Dodol

Dodol merupakan kuliner khas Garut nomor wahid dan terkenal. Tidak seperti dodol daerah lain yang cenderung kenyal, tekstur dodol Garut justru lumer di mulut. Rasanya pun tidak terlalu manis, sehingga cocok disantap sebagai camilan. Mulanya, dodol Garut hanya terdiri dari dua varian, yakni original dan wijen. Seiring berkembangnya dunia perkulineran, kini dodol Garut dikreasikan dengan beragam rasa. Ada rasa jeruk, melon, anggur, nanas, hingga ketan hitam. Makanan khas Garut ini tak hanya bisa didapatkan di kota asalnya, tapi juga tersebar di berbagai pusat oleh-oleh Jawa Barat.

3. Ladu

Ladu pertama kali dikenalkan oleh masyarakat Kecamatan Malangbong. Panganan ini terbuat dari tepung ketan putih yang diolah dengan gula aren dan gula kelapa. Bentuk dan teksturnya kenyal mirip seperti dodol, namun teksturnya lebih kasar dan keras. Bagi pecinta jajanan manis, tentu tak boleh melewatkan makanan khas Garut yang satu ini.

BACA JUGA:Ciri-ciri Tidak Cocok Memakai Air Mawar, Ketahui TKamu-tKamunya Untuk Perawatan Kulit Lebih Baik

4. Burayot

Nama burayot diambil dari bentuknya yang bulat keriput seperti sesuatu yang menggantung. Dalam bahasa Sunda, bentuknya disebut ngaburayot. Makanan ringan khas Garut ini terbuat dari tepung beras merah, gula merah, kacang tanah, dan minyak kelapa. Oleh karena itu, panganan ini terlihat berwarna cokelat dengan rasa manis gula merah.

BACA JUGA:Belum Sempat Liburan? Ini Tempat Wisata Di Majalengka yang Bisa Dikunjungi Saat Weekend, HTM nya Murah Loh!

5. Jeruk Garut

Tak hanya jadi oleh-oleh, buah jeruk Garut juga nikmat disantap sebagai makanan di perjalanan sepulang dari Garut. Dibandingkan jeruk pada umumnya, jeruk Garut memiliki rasa asam yang khas. Jeruk Garut memiliki masa panen sepanjang tahun. Karena itulah, anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Garut kapan saja. Demikian tadi beberapa kuliner khas Garut yang cocok dibawa pulang sebagai buah tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: