Yuk Cobain! Jajanan Siomay dan Batagor di Jalan Pantura Cirebon

Yuk Cobain! Jajanan Siomay dan Batagor di Jalan Pantura Cirebon

Nyobain Jajanan Siomay Batagor khas Bandung yang ada di Cirebon-Gambar Siomay Batagor De Aqmar-edit Picsay Pro-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Siomay dan Batagor, siapa sih yang ngga kenal dengan 2 kudapan ini? Ya, kedua jajanan ini berasal dari Bandung.

Biasanya siomay terbuat dari campuran ikan tenggiri, tapi bisa juga dari udang atau ayam, yang dibungkus dengan kulit pangsit dan kemudian direbus atau dikukus. Biasanya disajikan dengan saus kacang dan sambal.

Sedangkan Batagor merupakan singkatan dari "bakso tahu goreng", hidangan ini populer di Indonesia. Bahannya terbuat dari bakso (bola daging), tahu goreng (tahu yang digoreng), dan pempek (perpaduan antara tepung terigu, sagu, ikan, dan bumbu lainnya), yang kemudian digoreng dan disajikan dengan saus kacang dan sambal.

Walaupun asli dari Bandung, ternyata jajanan ini sudah tersebar di seluruh penjuru nusantara nih. Salah satunya ada di Cirebon, lebih tepatnya di Jl Cirebon Tegal dusun II blok kandawaru RT 07 rw 04 desa Waruduwur ( samping Alfamart Waruduwur). 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Kabupaten Cirebon

Tempatnya yang strategis yaitu di jalan Pantura, dimana jalan ini sering dipakai pemudik untuk pulang ke kampung halaman.

Dengan nama Siomay Batagor De Aqmar, kedai ini buka setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 09.00 WIB pagi sudah buka nih guys. Harganya pun murah meriah, untuk 1 porsi dihargai sekitar Rp. 10.000,- sudah lengkap pakai telur.

Cara pembuatannya juga sangat mudah, langkah-langkah untuk membuat siomay seperti berikut.

  1. Campurkan daging ikan (biasanya ikan tenggiri atau ikan lainnya yang dicincang halus) dengan tepung terigu, putih telur, bawang putih cincang, garam, merica, gula, dan bahan lain sesuai selera (misalnya wortel parut atau daun bawang cincang).
  2. Ambil adonan dan bentuk menjadi bulatan kecil atau oval.
  3. Letakkan setiap bulatan adonan di atas selembar daun pisang atau daun kol yang sudah direndam air panas untuk mencegah lengket dan memperkaya aroma.
  4. Panggang di atas panggangan yang telah diolesi sedikit minyak atau kukus hingga matang. Ini biasanya memakan waktu sekitar 20-30 menit.
  5. Siapkan saus kacang dengan mencampurkan kacang tanah yang telah digiling halus, gula, garam, air, dan kecap manis sesuai selera. Panaskan hingga mendidih sambil diaduk hingga merata.
  6. Sajikan siomay bersama dengan saus kacang, sambal, dan bahan pelengkap seperti irisan kentang rebus, telur rebus, tahu, dan lontong.

BACA JUGA:Yuk Ngabuburit Menikmati Sejuknya Alam Sambil Melihat Penangkaran Kura-kura di Obyek Wisata Cikuya Belawa

Sedangkan untuk langkah-langkah pembuatan batagor seperti berikut ini.

  1. Siapkan daging ayam atau ikan tenggiri, tahu putih, tepung terigu, tepung sagu, bawang putih cincang, garam, merica bubuk, gula, dan bahan tambahan sesuai selera seperti daun bawang cincang atau wortel parut.
  2. Campurkan daging ayam atau ikan yang telah dicincang halus dengan tepung terigu, bawang putih cincang, garam, merica bubuk, dan bahan tambahan lainnya. Aduk hingga tercampur rata dan dapat dibentuk menjadi bola-bola kecil.
  3. Potong tahu putih menjadi potongan-potongan kecil.
  4. Bubuhi tahu dengan sedikit garam dan merica jika diinginkan.
  5. Campurkan tepung sagu, air, garam, dan merica bubuk hingga membentuk adonan yang kental dan elastis.
  6. Ambil sepotong tahu dan letakkan sepotong bakso di atasnya.
  7. Bungkus dengan adonan pempek hingga bakso dan tahu tertutup rapat.
  8. Panaskan minyak dalam wajan.
  9. Goreng batagor hingga kuning keemasan dan matang sepenuhnya. Pastikan minyak cukup panas agar batagor tidak menyerap terlalu banyak minyak.
  10. Angkat batagor dan tiriskan di atas kertas dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  11. Sajikan batagor panas dengan saus kacang dan sambal.

Nah itu tadi merupakan salah satu tempat yang menjual jajanan khas Bandung yang ada di Cirebon. Jika kamu sedang mudik, jangan lupa mampir ya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: