Smart TV VS Android TV, Mana yang Lebih Baik? Kenali Dulu ini Bedanya!

Smart TV VS Android TV, Mana yang Lebih Baik? Kenali Dulu ini Bedanya!

Tv andorid-radartegal.com - tangkapan layar-radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com – Smart TV dan android TV kini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun ada yang belum mengetahui perbedaan antara kedua jenis TV ini. Dan kira-kira mana yang lebih baik? Nah maka dari itu kenali dulu 2 jenis TV ini sebelum memilihnya.

Teknologi di zaman sekarang sudah semakin canggih, mulai dari hp hingga ke televisi. televisi yang biasanya hanya digunakan untuk keperluan menonton acara-acara dari stasiun TV, kini di era digital sudah merambah ke fungsi lain.

BACA JUGA:Kupas Tuntas 5+ Rekomendasi Android TV Termurah di Tahun 2024 Lengkap dengan Spesifikasi dan Kisaran Harganya

Fungsi-fungsi tersebut antara lain, TV bisa digunakan untuk menonton youtube serta streaming film di berbagai platform seperti Netflix, vidio, dan platform menonton online lainnya. 

Perlu digarisbawahi juga bahwa TV ini haruslah terkoneksi dengan jaringan wifi, itulah yang membedakannya dengan TV biasa pada zaman dahulu. Maka tak heran bahwa TV ini disebut dengan smart TV, sesuai dengan artinya yaitu TV pintar. Dinamakan smart TV karena fungsinya yang lebih “Pintar” dari TV model sebelumnya.

BACA JUGA:3+ Android TV Terbagus dan Termurah 2024, Update Spek Serta Harga yang Enggak Sampai 3 Jutaan!

Namun ada juga jenis TV lain yaitu android TV. TV yang juga harus terkoneksi jaringan wifi ini fungsinya hampir sama dengan smart TV. Sebenarnya, android TV juga termasuk ke dalam smart TV, namun ada perbedaan lainnya. Apa ya bedanya? Dan mana yang lebih baik untuk dipilih?

1. Pembaruan Otomatis

Perbedaan yang pertama adalah dari segi pembaruan. Jika untuk android TV, selagi tersambung dengan jaringan wifi maka bisa melakukan update secara otomatis. Sedangkan untuk smart TV akan sulit mendapatkan pembaruan.

BACA JUGA:3+ Rekomendasi Android TV Termurah di Tahun 2024 Beserta Spesifikasi dan Kisaran Harganya

2. Google Assistant

Seperti di smartphone android, android TV juga tersedia fitur google assistant untuk memudahkan menonton TV dengan kontrol suara, baik untuk mencari program, mencari saluran dan lainnya. Sedangkan untuk smart TV juga bisa melakukan fitur ini, namun diperlukan perangkat tambahan lainnya.

3. Screen Mirroring

Fitur screen mirroring merupakan fitur yang bisa melihat aplikasi dari smartphone android di TV. Fitur ini telah tersedia di android TV. Untuk smart TV sendiri harus menggunakan proyeksi lain untuk menggunakan fitur ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: