Tak Hanya Sekadar View Indah, Tempat Wisata di Brebes ini Kaya Akan Sejarah. Yuk Simak Listnya!

Tak Hanya Sekadar View Indah, Tempat Wisata di Brebes ini Kaya Akan Sejarah. Yuk Simak Listnya!

Masjid Agung Brebes, menjadi salah satu objek wisata bersejarah-Wikipedia-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Apa yang terlintas di pikiran teman-teman semua tentang Kota Brebes ini, selain identik dengan Kota produsen telur asin dan bawang yang khas, Brebes juga memilki beragam faktor keunikan lainnya.

Brebes sendiri terletak di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan dengan Losari yang berada di sebagian regional Kabupaten Cirebon, serta titik awal dari perbatasan antara 2 provinsi yakni, Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Brebes sendiri memiliki wilayah yang cukup luas untuk satu kota yakni diantara 1.770 km². Maka tak heran jika dengan luas yang seperti itu, Brebes menawarkan beragam faktor keunikan dari bermacam aspeknya, salah satunya yaitu aspek tempat wisata.

Nah, tempat wisata di Kota Brebes sendiri tak hanya sekadar indah lho teman-teman, tetapi kaya juga unsur sejarahnya. Ini dia daftar tempat wisata yang patut untuk disimak:

BACA JUGA:4 Rekomendasi Hotel di Majalengka, Cocok untuk Staycation!

1. Masjid Agung Brebes

Selain untuk beribadah, masjid ini juga memiliki pemandangan yang indah sebagai tempat wisata. Cocok untuk disambangi bersama keluarga dan sanak saudara. Untuk sampai ke masjid ini hanya menempuh jarak 1 jam 19 menit jika dari Kota Cirebon melalui via Jalan Pantura.

Dengan pelataran masjid dan halaman yang sangat luas, dengan luas total 666m², dan dibangun pada masa pemerintahan Bupati Brebes Raden Ariya Singasari Pranatayuda I (Kyai Sura) di tahun 1836 semasa akhir pemerintahan beliau.

Terletak di Jl. Ustad Abbas No.7, dengan gaya arsitektur masjid bercorak Jawa Kuno dengan konsep joglo dan kubah berbentuk limas serta satu menara yang menjulang tinggi. Dan rangka bangunan yang ditopang kayu jati pilihan dengan fondasi yang memiliki tinggi 1 meter.

Unsur bersejarah yang dimiliki oleh masjid ini yakni terdapat di bagian dalam kubah masjid yang menjadi tempat penyimpanan bagi benda-benda peninggalan dan pusaka daerah dari zaman VOC seperti keris, senapan, dan tombak.

BACA JUGA:4 Destinasi Wisata Danau di Majalengka, Cocok untuk Liburan Sekeluarga!

2. Pabrik Gula Jatibarang

Bangunan yang kaya akan sejarah lainnya di Brebes yakni Pabrik Gula Jatibarang, yang sudah dibangun sejak zaman VOC pada tahun 1842, yang dahulu namanya adalah Suikerfabriek Jatibarang, dengan fokus utama industri gula dan penggilingan tebu, namun sudah tidak ada aktivitas lagi di pabrik gula tersebut.

Akan tetapi dengan gaya arsitektur zaman Hindia Belanda dengan nuansa klasik dan retro, maka tempat ini dapat menjadi penyedot perhatian bagi penikmat objek wisata lawas dan bersejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: