Pemkab Majalengka – TNGC Apel Besar Mas Pepi, Siaga Kebakaran di Majalengka

Pemkab Majalengka – TNGC Apel Besar Mas Pepi, Siaga  Kebakaran di Majalengka

KOMPAK: Apel siaga digelar di Bumi Perkemahan Panten Desa Argalingga diikuti 200 perwakilan berbagai komunitas pencinta alam dan masyarakat peduli hutan serta masyarakat peduli api yang ada di Kabupaten Majalengka.-PAI SUAPRDI-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pemerintah Kabupaten Majalengka bersama pihak Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Polres Majalengka dan Masyarakat pecinta alam, menggelar apel besar Mas Pepi atau yang dikenal dengan Masyarakat Peduli Api.

Dalam apel siaga yang digelar di Bumi Perkemahan Panten Desa Argalingga Kecamatan Argapura tersebut, sedikitnya diikuti 200 perwakilan dari berbagai komunitas pencinta alam dan masyarakat peduli hutan serta masyarakat peduli api yang ada di Kabupaten Majalengka.

Pantauan Radar Cirebon Group, selain komunitas, tampak pula sejumlah pemangku kebijakan, di antaranya Pemda Majalengka, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Polhut TNGC, Polhut Perhutani dan ORARI.

Dadan Taopik, Kepala Resort TNGC Sindangwangi mengatakan, selain komunitas pecinta alam, hadir pula Masyarakat Peduli Api (MPA Mandiri) berjumlah 100 orang yang terdiri dari tujuh desa. Yakni, Desa Padaherang, Bantaragung Kecamatan Sindangwangi, kemudian dari Desa Payung, Cikaracak Kecamatan Rajagaluh dan masyarakat dari Desa Gunung wangi, Argalingga, dan Argamukti Kecamatan Argapura.

BACA JUGA:Drama Politik Pemecatan Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon Belum Surut, Heru Subagia: Ini Soal Harga Diri

BACA JUGA:Percaya Nenek Moyangnya Berasal dari Pohon, Perkawinan Sedarah, Suku Ini Punya Kaki Mirip Burung Unta

“Alhamdulilah dalam kegiatan ini semua komunitas hadir dan menyatakan kesiapannya untuk ikut menjaga hutan terutama dari potensi ancaman kebakaran hutan yang saat ini sudah mulai terjadi di wilayah Kabupaten Kuningan,” ucapnya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan apel besar siaga api tersebut adalah, untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap bahaya terjadinya kebakaran hutan. Dan yang lebih utama lagi adalah upaya membangun peringatan dini bahaya kebakaran hutan, sehingga akan memudahkan upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan.

“Masyarakat Peduli Api (MPA) sendiri dibentuk atas kesadaran masyarakat, terutama di daerah atau desa yang berbatasan dengan kawasan hutan yang sering terjadinya kebakaran hutan. Dan ini tentunya sangat positif dan sangat membantu sekali bagi pihaknya dan masyarakat lainya dari ancaman kebakaran hutan dan kelestarian alam,” tambahnya.

Sementara itu kegiatan apel siaga sendiri dipimpin langsung oleh Kapolres Majalengka dan disaksikan langsung oleh Dandim 0617 Majalengka, Wakil Bupati Tarsono D Mardiana, Kejari, dan sejumlah pejabat teras Majalengka lainnya. (pai)

BACA JUGA:Nama India Bakal Diganti Bharat, Modi Dorong Ubah Nama Kolonial di Jalan, Sisa Perbudakan

BACA JUGA:Di Depan 2 Kekuatan Besar, Jokowi Ingatkan Amerika Serikat: Gangguan di Asia Tenggara Kacaukan Keamanan Global

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: