Menteri Basuki: Tol Cisumdawu Beeoperasi Penuh Awal Juni

Menteri Basuki: Tol Cisumdawu Beeoperasi Penuh Awal Juni

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menargetkan Tol Cisumdawu selesai awal Juni 2023.-Kementerian PUPR-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meminta Tol Cisumdawu dapat selesai pada awal Juni 2023 dan beroperasi penuh.

Target penyelesaian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tersebut diungkapkan Menteri PUPR saat melakukan kunjungan ke Seksi 5 yang sedang dalam tahap konstruksi. 

Seperti diketahui, konstruksi saat ini menyisakan di Seksi 4 yakni penyelesaian Gerbang Tol Paseh dan main road Seksi 5A dan 5B.

Menteri PUPR Basuki menginstruksikan penyelesaian konstruksi Tol Cisumdawu Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka - Dawuan) sepanjang 29,3 km pada awal Juni 2023, sehingga Jalan Tol Cisumdawu dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km.

BACA JUGA:Belum Normal, Harga Daging Ayam Potong Tembus Rp38 Ribu/Kg

"Jalan Tol Cisumdawu merupakan proyek strategis nasional yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Segera operasionalkan dengan tetap mengutamakan kualitas, safety, dan estetika. Ruas Tol Cisumdawu sekaligus juga untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," tegas Menteri Basuki. 

Pembangunan Tol Cisumdawu menggunakan tekonologi geofoam EPS yang diterapkan pada pembangunan Seksi 5A. Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi risiko longsor.

Geofoam EPS adalah material yang berbentuk balok-balok berbobot ringan dan sudah biasa diterapkan di luar negeri, terutama untuk menangani lapisan tanah yang labil.

Penggunaan material geofoam EPS dilakukan di  Seksi 5A dan sebagian 5B. Sebab pada lokasi tersebut terdapat lapisan tanah urugan yang labil. 

BACA JUGA:DEMO! LSM Penjara Pertanyakan Penanganan Kasus Fasum Mantan Kades Girimukti ke Inspektorat dan Kejaksaan

Pembangunan di Seksi 5B saat ini baru saja menuntaskan pengerjaan Jembatan Gunung Puyuh. Kemudian terdapat beberapa lokasi yang sedang dilakukan penguatan dengan konstruksi bore pile.

Termasuk di  dekat Jembatan Gunung Puyuh dan di perbatasan antara Seksi 5 dan 6, yang berada di Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: