13 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Kata Pak Basuki Harus Selesai

13 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Kata Pak Basuki Harus Selesai

Tol Cisumdawu ditargetkan 13 hari lagi beroperasi atau pada akhir Mei 2023.-Rochamedia/Youtube-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - 13 hari lagi target Tol Cisumdawu selesai atau tepatnya pada akhir Mei 2023, sesuai dengan pernyataan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Ketika melihat progres pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, Basuki meminta agar paling telat akhir bulan ini pekerjaan mesti selesai.

Bahkan tidak hanya selesai, tetapi sudah beroperasi secara fungsional dua arah yakni Jalur A dan B untuk menunjang aktivitas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

"Akhir Mei seluruh ruas Tol Cisumdawu diharapkan sudah beroperasi penuh, untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," kata Menteri PUPR, belum lama ini.

BACA JUGA:CUMA 2 Jam 15 Menit dari Bandara Kertajati Bisa ke Kuala Lumpur, Piknik Yuks!

Saat ini, konstruksi difokuskan di Seksi 4 dan 5. Untuk Seksi 4 hanya tinggal menyelesaikan pembangunan Interchange Legok dan main road ke arah Gerbang Tol Paseh.

Tetapi, untuk pembangunan GTO Paseh ini, diperkirakan masih butuh waktu lebih lama. Karenanya, fokus pekerjaan adalah penyelesaian main road di Jalur B Seksi 5.

Setidaknya ada 3 lokasi yang masih dikejar untuk selesai terutama di Seksi 5A dan Seksi 5B. Misalnya di Seksi 5A STA 40+200 area Desa Cipamekar.

Kemudian di Seksi 5A STA 46+050 dan penyelesaian Jembatan Gunung Puyuh Jalur B di STA 51+000. Kendati demikian masih ada juga pekerjaan penguatan badan jalan di Jalur A STA 51+200.

BACA JUGA:Ada Penerbangan AirAsia ke Bandara Kertajati, Wisata Cirebon, Majalengka, Kuningan Bakal Ramai

Juga masih dilakukan penanganan jalan yang ambles di Jalur B STA 52+000. Lokasi ini berbatasan dengan Seksi 6.

Direktur Jenderal Bina Marga, Heddy Rahadian yang melakukan kunjungan ke Seksi 4 dan 5 untuk meninjau progres pembangunan juga meminta agar pekerjaan dapat segera dituntaskan.

Hedy juga menginginkan pembangunan akses ke Gerbang Tol Paseh yang tersambung ke Jalan Raya Paseh - Conggeang dapat segera diselesaikan.

Akses dari Gerbang Tol Paseh ini, tersambung dengan jalan raya umum. Sehingga dapat menjadi akses keluar masuk bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Legok, Paseh dan Conggeang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: