Proyek Tol Cisumdawu Kembali Dilanjutkan, Selesai Juni, Rest Area Desember

Proyek Tol Cisumdawu Kembali Dilanjutkan, Selesai Juni, Rest Area Desember

Proyek Tol Cisumdawu kembali dilanjutkan dan ditargetkan selesai Juni 2023.-PT CKJT-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Proyek Tol Cisumdawu kembali dilanjutkan terhitung 2 Mei 2023, untuk dapat beroperasi penuh dengan target Juni nanti. 

Kendati seluruh ruas sepanjang hampir 62 kilometet tuntas di bulan depan, namun proyek Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan masih akan berlangsung sampai Desember nanti. 

Pasalnya beberapa fasilitas baru akan dibangun setelah Tol Cisumdawu selesai. Misalnya rest area yang rencananya akan berada di Seksi 5.

Hal itu, diungkapkan Bos PT Citra Karya Jabar Tol, M Jusuf Hamka saat berkunjung ke Km 152 Tol Cipali beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Usai Heboh Gagak 'Ababil' Turunkan Bendera Israel, Kini Giliran Seekor Kucing Copot Panji 'Bintang Daud'

Menurut Jusuf Hamka, dana pinjaman dari Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) baru akan digunakan setelah seluruh akses jalan di Tol Cisumdawu. 

Selanjutnya, baru akan dilakukan pengembangan fasilitas menggunakan dana pinjaman bank tersebut. Salah satunya pembangunan rest area. 

"Nanti di sekitar Seksi 5. Dekat lokasi itu, 2 kilometer ada sumber air panas. Nanti rest area kita bangun dengan konsep terasering," kata Jusuf Hamka mengenai rencana pembangunan tersebut. 

Kendati demikian, sampai dengan saat ini, belum terlihat calon lokasi yang dimaksud. Meski pada beberapa lokasi di Seksi 5 sudah terlihat ada pembukaan lahan yang cukup luas. 

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Tol Cisumdawu Ditutup dari Kertajati - Cimalaka, Ini Penyebabnya

Diperkirakan rest area ini akan dibangun di lahan seluas 27 hektare dan dibuat berseberangan yakni di Jalur A dan B, dengan jembatan penghubung. 

Pasca digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran, ruas fungsional Jalan Tol Cisumdawu kembali ditutup sementara sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Pihak PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan, penutupan ruas fungsional berkaitan dengan lanjutan proyek yang belum selesai. Diperkirakan keseluruhan pekerjaan bakal tuntas pada Juni nanti.

"Senin 1 Mei 2023 pukul 17.00 WIB, Jalur Fungsional Tol Cisumdawu akses masuk - keluar dj GT Cimalaka - Km 152 Tol Cipali resmi ditutup," demikian pengumuman tertulis dari PT CKJT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: