Ridwan Kamil Usul TOL CISUMDAWU Ganti Nama Jadi Ali Sadikin, Jusuf Hamka Bilang Gini, Simak Kata-katanya

Ridwan Kamil Usul TOL CISUMDAWU Ganti Nama Jadi Ali Sadikin, Jusuf Hamka Bilang Gini, Simak Kata-katanya

Gubernur Jabar, M Ridwan Kamil usul Tol Cisumdawu ganti nama jadi Ali Sadikin.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

BACA JUGA:MUSIM CUACA PANAS, Ini 4 Tempat Wisata di Majalengka Cocok Buat Ngadem, Langsung Nyes!

Kang Emil menambahkan, Ali Sadikin adalah Tokoh Sunda yang menjadi Gubernur DKI Jakarta paling sukses sampai dengan sekarang. Bahkan kepemimpinannya masih terus dikenang. 

"Nama Ali Sadikin sangat layak digunakan untuk nama jalan, sebagai bentuk penghargaan," tandas Kang Emil menjelaskan mengenai usulannya. 

Sebagai informasi, Ali Sadikin menjadi Gubernur DKI Jakarta ditunjuk oleh Presiden RI, Ir Soekarno pada tahun 1966 dan menjabat sampai dengan 1977.

Meski menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin sebenarnya adalah Tokoh Sunda yang lahir di Kabupaten Sumedang pada 7, Juli 1926.

BACA JUGA:Bukan Hanya Lumbung Wanita Cantik, Majalengka juga Punya Sesuatu yang Tak Kalah 'Geulis', Apa Itu?

Bupati Majalengka Juga Usul Ganti Nama Tol Cisumdawu

Sebelumnya, usulan mengganti nama Tol Cisumdawu juga diungkapkan oleh Bupati Majalengka, Dr Karna Sobahi mempertimbangkan kondisi eksisting trase jalan.

Menurutnya, nama Cisumdawu sudah tidak tepat lagi digunakan. Mengingat jalan tol tersebut tidak sampai ke Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Tol Cisumdawu yang dibangun pada tahun 2011 memang awalnya bakal sampai Dawuan. Tetapi di tahun 2017, terjadi perubahan trase jalan atas usulan Kementerian PUPR. 

Perubahan trase jalan ini, membuat Tol Cisumdawu berakhir di Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang atau di Km 216 Gerbang Tol Ujung Jaya Utama.

BACA JUGA:Mau Liburan, Di Kecamatan Sindangwangi Kaya Potensi Wisata yang Bisa Dikunjungi

Dari gerbang tol ini, kemudian dibangun jalan penghubung dan simpang susun yang dinamai Junction Dawuan dan terkoneksi ke Km 152 Tol Cipali.

Melihat perubahan ini, Bupati Karna mengusulkan agar Tol Cisumdawu ganti nama menjadi Tol Cisumjati atau Cileunyi Sumedang dan Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: