TOL SURGA Jawa Barat dari Bandung Ciwidey ke Cidaun, Ada Air Terjun di Pinggir Jalan

TOL SURGA Jawa Barat dari Bandung Ciwidey ke Cidaun, Ada Air Terjun di Pinggir Jalan

Rute jalan jalur selatan Jawa Barat dari Bandung Ciwidey sampai Cidawun yang dijuluki Tol Surga.-Stefano Sanjaya/Ist-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Surga adalah julukan untuk akses jalan menuju pantai selatan mulai dari Ciwidey BANDUNG menuju ke Cidawun.

Julukan tol surga tersebut disematkan karena pemandangan alam Jawa Barat yang luar biasa indahnya.

Di sepanjang jalur menuju pantai selatan tersebut juga terdapat banyak lokasi wisata alam maupun buatan.

Salah satu yang menyematkan julukan tersebut adalah content creator Stefano Sanjaya, usai melakukan perjalanan kurang lebih 2 jam 10 menit dari Ciwidey ke Cidaun.

BACA JUGA:MANTAP! Bandara Kertajati Majalengka akan Terus Dikembangkan, Buka Rute Penerbangan Lebih Banyak

Perjalanan yang dimulai dari Alun-alun Ciwidey itu, langsung disambut dengan Objek Wisata Happy Farm Ciwidey yang menyediakan wahana bermain dnegan kuda, taman kelinci dan domba.

Kemudian perjalanan akan melintasi Ciwidey Valley atau Kawasan Wisata Rancabali. Sekadar tips untuk yang hendak melintasi jalur indah ini, agar mengisi BBM penuh di SPBU Ciwidey.

Sebab, setelah itu sudah tidak ada lagi SPBU. Hanya ada warung-warung kecil yang menjual BBM.

Jangan lupa juga untuk mengisi perbekalan, karena minimarket juga hanya akan ditemukan di kawasan ini.

BACA JUGA:FAKTA TERKINI Kakek dan Nenek Jalan Kaki di Tol Cisumdawu Usai Jenguk Cucu, Simak Penjelasannya

Ada apa lagi? Masih di Ciwidey, pengendara juga akan menemukan Ciwidey Hot Spring Valley. Lalu Wisata Kawah Putih sekitar 11 kilometer dari Alun-alun Ciwidey.

Suhu udara di kawasan ini relatif sangat dingin, karenanya disarankan untuk menggunakan baju yang lebih tebal atau jaket.

Begitu lepas Ciwidey, pengendara lalu melintasi kawasan perkebunan PTPN Kebun Teh Rancabali. Perkebunan teh ini membentang sampai ke perbatasan Kabupaten Cianjur bagian selatan.

Meski memiliki pemandangan yang indah, namun ruas jalan di kawasan ini cukup sempit dan banyak terdapat tanjakan, turunan dan tikungan tajam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: