NASIB Pedagang Cadas Pangeran Pasca TOL CISUMDAWU Dipakai Mudik, Benar-benar Sepi

NASIB Pedagang Cadas Pangeran Pasca TOL CISUMDAWU Dipakai Mudik, Benar-benar Sepi

Pedagang Jalan Raya Cadas Pangeran terdampak sepinya lalu lintas pasca Tol Cisumdawu beroperasi. -Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pedagang di Jalan Raya Cadas Pangeran, Kabupaten SUMEDANG, benar-benar terdampak beroperasinya Tol Cisumdawu untuk mudik lebaran.

Lalu lintas kendaraan yang sebagian besar pindah ke Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, membuat omzet pedagang kian menurun. Bahkan sampai 80 persen dibandingkan tahun lalu.

Kondisi ini dikarenakan para pemudik yang menggunakan mobil beralih ke Jalan Tol Cisumdawu. Sedangkan di Jalan Raya Cadas Pangeran hanya tersisa pengendara sepeda motor.

Salah seorang pedagang, Tuti Astuti mengakui, omzet berjualan tape gantung dan ubi cilembu sudah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Terutama setelah ada Tol Cikopo Palimanan (Cipali). 

BACA JUGA:INGAT! Jangan Abaikan Kolesterol Segera Atasi Sebelum Menjadi Penyakit Kronis!

Kondisi bertambah parah ketika Tol Cisumdawu beroperasi mulai dari Cileunyi sampai dengan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Bahkan, omzet jualan pun terjun bebas.

"Biasanya dapat Rp 1 juta kalau musim mudik. Sekarang mah dapat Rp 200 ribu saja sudah maksimal, yang beli tinggal yang naik motor saja," kata Tuti, kepada wartawan.

Diungkapkan dia, saat Tol Cipali beroperasi pengendara memang sudah pindah dari Jalan Cadas Pangeran. Sebab, perjalanan lewat Bandung via tol, pastinya akan menggunakan jalur tersebut. 

Kemudian saat Tol Cisumdawu beroperasi dari Cimalaka ke Cileunyi saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), gejala penurunan semakin terasa. Apalagi saat itu, dari Pamulihan ke Cimalaka masih gratis. 

BACA JUGA:Daftar Artis yang Mudik ke Kabupaten Majalengka, Ada yang Sudah Jajan ke Bakso Urat Cahaya Rizki

Kondisi sempat agak membaik saat Tol Cisumdawu sudah bertarif mulai dari Cimalaka sampai Cileunyi. Tetapi, saat sekarang sudah tersambung sampai Kertajati, dampaknya kian terasa.

"Kami berharap ada perhatian dari pemerintah untuk pedagang di Cadas Pangeran," kata Tuti, diamini oleh pedagang lainnya.

Seperti diketahui, Disperindag Kabupaten Sumedang sempat melakukan pendataan untuk penempatan pedagang eks Cadas Pangeran ke Rest Area Tol Cisumdawu. 

Sebab, Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), M Jusuf Hamka sempat menjanjikan  membangun rest area di dekat Terowongan Kembar atau Cisumdawu Twin Tunnel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: