MUDIK Lewat TOL CISUMDAWU, Bisa Sambil Cuci Mata Loh

MUDIK Lewat TOL CISUMDAWU, Bisa Sambil Cuci Mata Loh

Mudik lewat Tol Cisumdawu pengendara akan disuguhi dengan pemandangan dataran tinggi Kabupaten Sumedang.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu untuk pertama kalinya secara penuh digunakan sebagai jalur mudik bagi masyarakat, meski sebagian masih dioperasikan terbatas.

Kendati hanya bisa dilewati satu arah di Seksi 4 sampai 6, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik.

Dimulai dari Bandung, pemandangan Gunung Karumbi, Manglayang hingga Tampomas di Kabupaten Sumedang menemani perjalanan di Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 sampai dengan 4. 

Menyusul kemudian Gunung Ciremai yang berdiri gagah dan terlihat mulai dari Seksi 5 Conggeang dan 6 Ujung Jaya.

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Jawa Barat Punya 5 Bandara, Bukan Cuma Kertajati Loh, Ada Penerbangan ke Jakarta

Tak hanya itu, melintasi ruas tol sepanjang hampir 62 kilometer ini, pengendara juga akan disuguhkan dengan pemandangan areal persawahan, terasering hingga bangunan ikonik yang dibangun.

Karenanya, pengendara dipastikan tidak akan bosan untuk melihat-lihat pemandangan di jalan yang dijuluki terindah di Indonesia.

Ada apa saja? Mulai dari Seksi 2 yang berada di Kilometer 169 pengendara akan melintasi terowongan kembar atau Cisumdawu Twin Tunnel.

Terowongan sepanjang hampir 500 meter itu, menjadi ikon dari Tol Cisumdawu yang menembus perut bukit.

BACA JUGA:Ada Tol Cisumdawu dan Bocimi, Ridwan Kamil Yakin Mudik Lancar

Kemudian memasuki seksi 4, terdapat terasering bukit berbatu yang ketika pengerjaannya harus diledakan atau blasting.

Lapisan batu yang sangat keras itu, dibelah jalan tol dan mengapir ruas sebelum Mandalaherang.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono bahkan pernah berpesan agar bukit berbatu ini nantinya dipercantik, dan diperkuat. Tujannya agar mempertahankan aspek geologi di daerah itu.

Seolah belum cukup, setelah melewati seksi 4 sepanjang 8,20 kilometer, nantinya pengendara akan melintasi Jembatan Conggeang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: