Tol Cisumdawu Masih Gratis Atau Bayar? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Tol Cisumdawu Masih Gratis Atau Bayar? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Tol Cisumdawu masih gratis untuk Ruas Cimalaka - Kertajati. -Bina Marga PUPR-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu sudah digunakan masyarakat untuk arus mudik lebaran 2023, dengan sebagian dikenakan tarif dan sisanya gratis.

Namun, penyebutan gratis atau tanpa tarif pada Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan mengundang kesalahpahaman di kalangan masyarakat. 

Terutama bagi mereka yang tidak mengikuti perkembangan dari Jalan Tol Cisumdawu yang memiliki 6 seksi dan selesai tidak dalam waktu yang bersamaan.

Ruas tol ini, secara keseluruhan memiliki panjang 62 kilometer yang menghubungkan antara Cileunyi di Kabupaten Bandung sampai dengan Kertajati di Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Momen Jusuf Hamka 'Dikeplak' Basuki Hadimuljono Saat Sebut Sumber Duit Tol Cisumdawu dari Bank Ucup

Dari keseluruhan ruas yang telah dibangun, sebagian memang sudah bertarif. Namun, sebagian lagi masih gratis karena beroperasi dalam status fungsional. 

Ruas yang sudah beroperasi penuh dan dikenakan tarif mulai dari Cileunyi sampai dengan Cimalaka. Untuk kendaraan Golongan I dikenakan Rp 41.500.

Untuk duas Cileunyi sampai dengan Cimalaka beroperasi dua arah Jalur A dan B atau Sumedang ke Bandung dan sebaliknya selama 24 jam. 

Sedangkan ruas yang beroperasi fungsional adalah Cimalaka sampai Gerbang Tol Ujung Jaya Utama yang terhubung ke Tol Cipali via Junction Dawuan, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Masih Landai, Volume Lalu Lintas Tol Cipali Naik Signifikan

Khusus untuk ruas yang beroperasi fungsional baru bisa digunakan satu arah yakni dari Cimalaka ke Kertajati selama periode arus mudik. 

Pada ruas yang masih fungsional juga hanya beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. Tetapi jam operasi itu, menyesuaikan dengan ketentuan dari pihak kepolisian yang mempertimbangkan kondisi Tol Cikopo Palimanan (Cipali) yang menjadi muara lalu lintas dari arah Bandung dan Jakarta. 

Periode arus mudik lebaran akan berlangsung mulai tanggal 16 sampai dengan 23 April 2023. Ruas Tol Cisumdawu yang beroperasi fungsional akan dibuka setiap hari pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Jalan Tol Cisumdawu sebelumnya telah beroperasi Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 Km) sejak Januari 2022 serta Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 Km) dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 Km) yang beroperasi sejak Desember 2022 sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Nataru 2022/2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: