WUSSS! Ada Tol Cisumdawu, Buah Batu - Majalengka 1,5 Jam Nyampe

WUSSS! Ada Tol Cisumdawu, Buah Batu - Majalengka 1,5 Jam Nyampe

Perjalanan Bandung - Majalengka lewat Tol Cisumdawu kini menjadi hanya 1,5 jam saja. -Bina Marga PUPR-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Perjalanan Bandung MAJALENGKA lewat Tol Cisumdawu kini menjadi lebih singkat, bahkan para pengguna jalan membagikan pengalamannya berkendara. 

Meski dirasa masih banyak kekurangan pada Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, khususnya di Seksi 5, tetapi keberadaannya sudah sangat membantu pemudik dari Bandung ke Majalengka. 

Salah satunya diungkapkan oleh Ibeth Agustina. Dia mengaku memulai perjalanan dari Bandung tepatnya Gerbang Tol Buah Batu menuju Majalengka. 

Perjalanan tersebut ditempuh hanya 1,5 jam saja, dari yang biasanya hampir 3 jam. Melewati Tol Cisumdawu Cileunyi - Cimalaka, lalu berlanjut ke jalur arteri via Kadipaten. 

BACA JUGA:Momen Jusuf Hamka 'Dikeplak' Basuki Hadimuljono Saat Sebut Sumber Duit Tol Cisumdawu dari Bank Ucup

“Saya tadi masuk dari tol Buah Batu sampai keluar tol Kertajati memakan waktu satu jam setengah. Kalau udah rampung banget mah kayaknya Bandung - Majalengka bisa lebih cepet lagi,” ujar Ibeth membagikan pengalamannya di kanal besokseninco.

Kendati demikian, dia berpesan agar pengendara tidak memacu kecepatan kendaraan saat melintasi tol yang masih fungsional. Terutama di ruas Seksi 5 Conggeang. Sebab, masih ada lokasi yang baru selesai konstruksi dan jalanan terdapat kerikil.

Selain lebih cepat dalam perjalanan, keberadaan Tol Cisumdawu juga menghemat dari segi biaya. Sebab, tarif yang dikenakan baru dari Cileunyi ke Cimalaka yakni Rp 41.500 untuk kendaraan golongan 1. Sedangkan untuk ruas Cimalaka - Ujung Jaya masih gratis. 

Sebagai informasi, Jalan Tol Cisumdawu kini beroperasi dengan 2 status yakni, beroperasi penuh dan bertarif. Kemudian sebagian masih fungsional dan gratis atau belum dikenakan tarif.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Masih Landai, Volume Lalu Lintas Tol Cipali Naik Signifikan

Ruas yang sudah beroperasi penuh dan dikenakan tarif mulai dari Cileunyi sampai dengan Cimalaka. Untuk kendaraan Golongan I dikenakan Rp 41.500.

Untuk duas Cileunyi sampai dengan Cimalaka beroperasi dua arah Jalur A dan B atau Sumedang ke Bandung dan sebaliknya selama 24 jam. 

Sedangkan ruas yang beroperasi fungsional adalah Cimalaka sampai Gerbang Tol Ujung Jaya Utama yang terhubung ke Tol Cipali via Junction Dawuan, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Khusus untuk ruas yang beroperasi fungsional baru bisa digunakan satu arah yakni dari Cimalaka ke Kertajati selama periode arus mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: