MASIH LENGANG! Pantauan Lalu Lintas TOL Cisumdawu di Ruas Cimalaka - Kertajati

MASIH LENGANG! Pantauan Lalu Lintas TOL Cisumdawu di Ruas Cimalaka - Kertajati

Lalu lintas Tol Cisumdawu masih lengang saat dibuka, Minggu, 16, April 2023.-Satker Cisumdawu-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Ruas Tol Cisumdawu Cimalaka - Kertajati yang mulai dibuka pada pukul 08.00, Minggu, 16, April 2023 terpantau masih lengang. 

Dari live report Satker Cisumdawu, nampak hanya beberapa kendaraan saja yang melintas di ruas Seksi 4 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan. 

Hari ini, tentu menjadi sejarah tersendiri karena Jalan Tol Cisumdawu untuk pertama kalinya tersambung dari Bandung sampai dengan Kabupaten Majalengka.

Pantauan visual di Rest Area Sementara Km 194+400 nampak belum banyak kendaraan yang melintas. Besar kemungkinan banyak masyarakat yang belum tau bahwa ruas tol ini telah dibuka penuh.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! Akhirnya TOL CISUMDAWU Dibuka Pagi Hari Ini, Tembus ke Kertajati Majalengka

Kemudian informasi bahwa tol ini dibuka fungsional dari Cimalaka - Kertajati juga baru disampaikan malam harinya, atau Sabtu malam, 15, April 2023.

Sesuai dengan rencana, ruas Tol Cisumdawu yang berstatus fungsional yakni Seksi 4 sampai dengan 6 hanya beroperasi pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB. Sedangkan untuk ruas Seksi 1 sampai 3 atau Cileunyi - Cimalaka sudah beroperasi penuh. 

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jawa Barat (Jabar), AKBP M Rano Hadiyanto menjelaskan, untuk pertama kalinya Tol Cisumdawu dibuka pada pagi hari ini pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB. 

"Karena ini baru dibuka, masyarakat agar berhati-hati. Perhatikan rambu lalu lintas di sepanjang tol yang fungsional ini," kata Rano, didampingi Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan.

BACA JUGA:HORE! TOL CISUMDAWU Beroperasi Hari Ini, Mulai Pukul 06.00 Cimalaka - Kertajati Dibuka

Sebelum dibuka, Tol Cisumdawu Seksi 4 sampai dengan 6 dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Setelah dinyatakan aman, kemudian kendaraan dipersilakan melintas. 

"Perhatikan rambu, nanti ada rest area yang lokasinya di sebelah kanan. Jadi ketika mau belok, harus hati-hati," tandas AKBP Rano, dilansir dari publikasi Polres Sumedang, Minggu, 16, April 2023.

Setelah dibuka, sejumlah kendaraan dari arah Bandung ke Majalengka sudah langsung melintas. Ruas tol ini, bakal beroperasi untuk arus mudik dan balik. Dengan harapan dapat mengurangi kepadatan di jalur arteri. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengungkapkan, diberlakukan pembatasan jam operasi dan volume lalu lintas di Tol Cisumdawu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: