MAKIN DIKEBUT! Seksi 5A Tol Cisumdawu Sedang Dipasang Geofoam EPS

MAKIN DIKEBUT! Seksi 5A Tol Cisumdawu Sedang Dipasang Geofoam EPS

Pemasangan material geofoam EPS di Tol Cisumdawu Seksi 5A.-Apri Subroto/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM – Pembangunan Tol Cisumdawu di Seksi 5A sedang dikebut untuk dapat selesai pada saat arus mudik lebaran 2023.

Area Seksi 5A Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan berada pada Station 40+200 yang cukup rumit pengerjaannya, karena terdapat bagian tanah yang labil.

Lokasinya persis berada di dekat Overpass Cipamekar yang menjadi jalan warga melintang di atas Jalan Tol Cisumdawu.

Semula, bagian ini ditangani dengan urugan menggunakan material tanah yang lebih stabil. Tetapi, karena target untuk mudik, sehingga ada penggantian material.

BACA JUGA:MELIHAT Progres GTO Paseh TOL CISUMDAWU, Bisa Dipakai untuk Mudik? Begini Penampakannya

Geofoam EPS sendiri sudah didatangkan beberapa hari terakhir dan masuk dalam tahap instalasi.

Terlihat pada badan jalan baik arah Sumedang maupun Majalengka, material berwarna putih tersebut sudah berada di lokasi.

Sebelumnya, pada ruas Seksi 5A STA 40+200 tersebut telah dilakukan pengerukan, karena terdapat struktur tanah yang labil.

Lokasi ini, terus menerus terjadi pegerakan tanah, sehingga harus ditangani secara khusus dan kontraktor pelaksana yakni PT Adhi Karya memutuskan mengganti lapisan tanah labil tersebut.

BACA JUGA:Jadwal Penerbangan Bandara Kertajati – Kuala Lumpur Malaysia, Tiket Sudah Bisa Dibeli

Setidaknya dibutuhkan volume urugan tanah sampai 80 ribu meter kubik dan kini sebagian kan diganti dengan material geofoam EPS.

Namun sampai dengan perkembangan terbaru, progres konstruksi masih berkutat pada instalasi yang diperkirakan baru akan selesai pada pekan ini.

Sehingga pada pekan depan diperkirakan sudah mulai masuk dalam tahap pembentukan badan jalan untuk selanjutnya dilakukan pengecoran dasar dan rigid.

Dilihat dari perkembangan di lapangan terutama progres konstruksi di Seksi 5, ruas ini menjadi yang paling tertinggal dibandingkan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: