LIHAT Jembatan TOL CISUMDAWU yang Dibangun Dadakan, Progres Signifikan H-12 Mudik Lebaran

LIHAT Jembatan TOL CISUMDAWU yang Dibangun Dadakan, Progres Signifikan H-12 Mudik Lebaran

Potret pembangunan Jembatan Tol Cisumdawu yang dibangun dadakan karena kejadian longsor.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pembangunan Jembatan Gunung Puyuh Tol Cisumdawu yang berada di Seksi 5B nampak terlihat signifikan.

Pembangunan jembatan yang terbilang dadakan pada proyek Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, baru dilaksanakan pada akhir Februari 2023.

Ditargetkan jembatan baru di Jalan Tol Cisumdawu tersebut selesai dalam waktu 45 hari. Meski kini, nampak ada prioritas untuk menyelesaikan 1 jalur lebih dahulu.

Dari pantauan visual, terlihat sebagian sudah terpasang lantai jembatan, sementara pada tiang penyangga lainnya masih dalam tahap pengecoran.

BACA JUGA:3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mudik via TOL CISUMDAWU, Pengendara Wajib Tahu!

Jembatan ini dibangun dengan konstruksi menggunakan bore pile sebanyak 176 titik pada kedua sisi yakni arah Bandung dan Majalengka dengan kedalaman 12 meter.

Melihat teknik pengerjaannya, mirip dengan Jembatan Cireki yang dibangun di Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang. Pada area tersebut juga terdapat lapisan tanah yang labil.

Sebagai informasi, Jembatan Gunung Puyuh sepanjang 204,32 meter dibangun untuk penanganan longsor di ruas Seksi 5B.

Semula, ruas ini akan dibangun jembatan dan sudah dilakukan urugan. Tetapi, karena terjadi pergerakan tanah terus menerus, sehingga diputuskan dibangun jembatan.

BACA JUGA:H-12 Mudik Lebaran, 3 Lokasi di TOL CISUMDAWU yang Belum Selesai, Bisa Terkejar?

Uniknya, jembatan ini membentang bukan di atas sungai. Tetapi area urugan setinggi kurang lebih 30 meter dari Jalan Desa Cipelang - Ungkal.

Lokasi jembatan juga berada di atas Underpass Ungkal yang mengarah ke Seksi 6 Ujung Jaya atau area akhir dari Tol Cisumdawu.

Dipakai Untuk Mudik

Seperti diketahui, Jalan Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 sepanjang 29,165 Km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: