WADUH! Curah Hujan Tinggi, Ada Jalan Ambles di Seksi 5B, Sudah Berhasil Ditangani

WADUH! Curah Hujan Tinggi, Ada Jalan Ambles di Seksi 5B, Sudah Berhasil Ditangani

Lokasi jalan yang sempat ambles di Tol Cisumdawu, tetapi sudah berhasil ditangani.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu mengalami jalan ambleslagi, akibat curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Dari pantauan visual, terlihat lokasi yang ambles berada di seberang batching plant yang ada di Seksi 5B Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

Tetapi, kejadian jalan yang ambles ini, sudah berhasil ditangani, sehingga tidak mengganggu target untuk arus mudik lebaran.

Lokasi ini memang sempat mengalami longsor pada akhir Februari 2023. Nyaris bersamaan dengan longsor di atas Underpass Ungkal, Desa Babakan Asem, Kecamatan Ujung Jaya. 

BACA JUGA:Cerita di Balik Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka, Oh Rupanya...

Sementara longsor di STA 52+000 hanya beberapa meter dan sebenarnya sudah ditangani dengan urugan, penguatan fondasi yang kemudian dibeton ulang. 

Namun diduga karena curah hujan tinggi yang terjadi pada Jumat, 31, Maret 2023, terjadi pergerakan tanah yang menyebabkan badan jalan ambles juga retak. 

Kejadian longsor ini, diketahui pada Sabtu, 1, April 2023 dan sudah berhasil ditangani juga dilakukan pembetonan kembali.

BACA JUGA:Satu Desa di Majalengka yang Punya 5 Tempat Camping, Masing-masing Punya Spot Epik

Area ini, juga perbatasan antara Seksi 5 dan 6 Jalan Tol Cisumdawu. Jalur yang longsor adalah area badan jalan yang mengarah ke Bandung. 

Terlihat dari pengamatan visual, pembangunan jalan di area akhir Seksi 5B ini, menggunakan metode urugan yang cukup tinggi.

Mengingat adanya perbedaan ketinggian tanah yang sangat signifikan antara Kecamatan Conggeang dan area Seksi 6 di Kecamatan Ujung Jaya.

Area jalan ini, sempat dilewati Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan ruas tol tersebut, Jumat, 31, Maret 2023.

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Payung Majalengka, Ada 8 Destinasi Loh, Nggak Bakal Garing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: