22 HARI LAGI Target TOL CISUMDAWU Beroperasi, 2 Opsi Ini yang Mungkin Dilakukan

22 HARI LAGI Target TOL CISUMDAWU Beroperasi, 2 Opsi Ini yang Mungkin Dilakukan

Target Tol Cisumdawu beroperasi untuk mudik menyisakan waktu 22 hari lagi. -Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - 22 hari lagi Tol Cisumdawu ditargetkan sudah beroperasi untuk melayani arus mudik lebaran 2023, atau tepatnya pada 15, April.

Namun, meski kurang dari sebulan akan beroperasi di lapangan pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan banyak yang masih belum selesai.

Dengan target yang kian dekat, terbuka beberapa opsi pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu. Yang kemungkinan pada Seksi 4 sampai dengan 6 pada 15, April 2023 baru tahap uji laik fungsi (ULF). 

Tahap ULF biasanya jalan tol belum dibuka untuk umum, dan ketika sudah melalui tahapan ini, dilanjutkan dengan uji coba fungsional atau beroperasi tanpa tarif.

BACA JUGA:Pesawat Cargo Terbesar di Dunia Mendarat di Bandara Kertajati Ternyata Angkut Barang Pesanan Taipan Indonesia

Melihat kondisi pembangunan yang sejauh ini belum ada tanda-tanda selesai, kemungkinan Jalan Tol Cisumdawu baru dipakai sebagai jalur darurat atau alternatif bagi pemudik.

Misalnya dengan mengutamakan penyelesaian satu jalur ke arah Majalengka dan pekerjaan baru dilanjutkan setelah arus mudik dan balik selesai.

Termasuk membuat jalur darurat di sekitar area yang longsor, sehingga dapat dilewati kendaraan. Opsi-opsi itu, paling memungkinkan dilakukan.

Kemungkinan lain adalah membuka Gerbang Tol Paseh dan menyediakan jalur darurat dari Interchange Paseh di Seksi 4. Sehubungan pekerjaan main road pada ruas ini, juga belum selesai.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Pesawat Antonov An-124 100 ke Bandara Kertajati Disewa Pengusaha Ini, Didatangkan dari Amerika

Hasil pantauan visual di Seksi 4 Jalan Tol Cisumdawu, masalah utama dari ruas sepanjang 8,20 kilometer ini, adalah belum adanya akses keluar masuk. Sehubungan pekerjaan main road ke arah Gerbang Tol Paseh yang masih dalam tahap penggalian.

Bila ruas ini dapat dioperasikan, tentunya akan memberikan alternatif tambahan bagi masyarakat untuk keluar via GTO Paseh dan melanjutkan ke Jalan Raya Cirebon - Bandung. 

Ruas jalan nasional ini, memang dikhawatirkan mengalami kemacetan sehubungan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat di daerah yang dilewati menjelang Idul Fitri.

Sementara pantauan visual di Seksi 5, sampai dengan saat ini terdapat 3 lokasi yang menjadi sorotan karena progres pekerjaannya terbilang jauh dari selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: