29 HARI LAGI Tol Cisumdawu Target Beroperasi, Yuk Lihat Dulu Kondisi Terbaru

29 HARI LAGI Tol Cisumdawu Target Beroperasi, Yuk Lihat Dulu Kondisi Terbaru

Target beroperasi Tol Cisumdawu menyisakan waktu 29 hari lagi.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Target beroperasi Tol Cisumdawu menyisakan waktu 29 hari lagi, terhitung Juma, 17, Maret 2023.

Target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang diharapkan beroperasi pada 15 April 2023 diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Selain beroperasi, Jalan Tol Cisumdawu juga diharapkan dapat digunakan oleh pemudik sebagai alternatif perjalanan dari Bandung ke Majalengka.

Basuki menetapkan target tersebut sesuai dengan perkiraan penyelesaian pembangunan jembatan di atas Underpass Ungkal yang terjadi longsor pada akhir Februari lalu.

BACA JUGA:SENSASI KETINGGIAN di Wisata Paralayang Majalengka, Memacu Adrenalin dan Pemandangan Epik

"Pembangunan jembatan ini, selesai 15 April. Saya ingin Tol Cisumdawu bisa dipakai mudik," kata Basuki, belum lama ini.

Adapun pembangunan jembatan di atas Underpass Ungkal dikarenakan adanya longsor yang tidak bisa ditangani dengan urugan atau konstruksi untuk penguatan.

Sebab, selain tanah yang labil, longsor juga terjadi pada area urugan yang cukup tinggi dari permukaan tanah atau Jalan Raya Umum Desa Cipelang - Ungkal.

Keputusan pembangunan jembatan juga merupakan perubahan rencana, karena sebelumnya pada ruas tersebut akan dibangun jalan.

BACA JUGA:UPDATE Progres Konstruksi TOL CISUMDAWU di Seksi 5A, Simak Seperti Ini Kondisinya

Bahkan, konstruksi sudah menyelesaikan urugan dan beranjak pada pengerjaan pembentukan untuk badan jalan.

Namun, selain di dekat Underpass Ungkal, longsor juga terjadi di dekat perbatasan Seksi 5B dengan 6A yang ada di batas Desa Cipelang dengan Babakan Asem.

Tetapi, longsor pada area urugan ini, masih dapat ditangani dengan pembuatan konstruksi untuk memperkuat area tersebut dan kembali dilakukan pengurugan.

Di sisi lain PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) justru memproyeksikan bahwa Tol Cisumdawu baru bisa beroperasi di awal Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: