BUKAN 1! Ternyata Ada 2 Lokasi Longsor di TOL CISUMDAWU, di Sini Lokasinya

BUKAN 1! Ternyata Ada 2 Lokasi Longsor di TOL CISUMDAWU, di Sini Lokasinya

Lokasi longsor Tol Cisumdawu di perbatasan Seksi 5B Desa Cipelang, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Lokasi longsor Tol Cisumdawu ternyata bukan hanya di 1 titik saja, tetapi ada 2 tempat yang masih di area Seksi 5B Kecamatan Conggeang, Kabupaten SUMEDANG.

Sampai dengan saat ini, lokasi longsor di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan masih dalam penanganan oleh kontraktor pelaksana yakni PT Girder Indonesia dan PT Adhi Karya.

Dari pantauan visual terlihat lokasi longsor yang pertama ada di STA 50+809 atau dekat Underpass Ungkal yang berada di Dusun Banas Banten, Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang.

Lokasi ini, sedang ditangani dengan konstruksi bore pile dengan melibatkan sejumlah alat berat. Sebab, di lokasi tersebut merupakan area urugan yang sangat labil.

BACA JUGA:4 Fakta TOL CISUMDASWU Gagal Tersambung Ke Majalengka Bulan Ini

Sementara lokasi longsor kedua berada di perbatasan Seksi 5B dengan 6A yang berada di Desa Cipelang, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang. Tepatnya berada di seberang batching plant yang didirikan di lokasi. 

Titik longsor kedua terjadi pada badan jalan yang sudah selesai dilakukan pembetonan. Hampir separuh badan jalan di posisi lajur mengarah ke Bandung ambles.

Kedua lokasi longsor tersebut sampai dengan saat ini masih ditangani dengan mengerahkan alat berat. Nampak di area longsor dekat perbatasan Seksi 5B sedang dilakukan penanganan dengan pengurugan ulang dan dibuat konstruksi untuk memperkuat urugan.

Longsor di area dekat batching plant ini, sebenarnya terjadi nyaris berbarengan dengan kejadian di Desa Babakan Asem dan penanganannya juga bersamaan.

BACA JUGA:RESMI DITUNDA! Pembukaan Tol Cisumdawu dari Seksi 1 sampai dengan 6, Ada Masalah Baru di Tempat Ini

Seperti diketahui, target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan untuk beroperasi sebagai persiapan mudik, gagal terpenuhi di bulan ini. Selain karena kejadian tidak terduga, juga ada pekerjaan konstruksi yang lebih berat.

Karenanya, target penyelesaian Jalan Tol Cisumdawu juga mundur menjadi 15, April 2023 meski diragukan untuk dapat tercapai karena ada pekerjaan baru yang cukup berat. 

Meski demikian, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono tetap yakin ruas tol Bandung Majalengka tersebut, dapat tuntas sebelum puncak arus mudik.

"Target kita 15 April ya, bisa. Bisa untuk mudik," kata Menteri Basuki, kepada wartawan di Kota Bandung, belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: