CURHAT! Sopir Truk Bilang Tarif TOL CISUMDAWU Kemahalan, Kembali ke Jalan Cadas Pangeran

CURHAT! Sopir Truk Bilang Tarif TOL CISUMDAWU Kemahalan, Kembali ke Jalan Cadas Pangeran

Sopir truk mengeluhkan tarif Tol Cisumdawu dan memilih kembali menggunakan Jalan Raya Cadas Pangeran.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu kini resmi memberlakukan penyesuaian tarif untuk Seksi 1 sampai dengan 3.

Kini ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tersebut sudah tidak gratis lagi, setelah hampir 2 bulan tidak bertarif terutama di Seksi 2 dan 3.

Kendati demikian, penetapan tarif di Jalan Tol Cisumdawu rupanya mengundang reaksi keberatan dari para sopir truk dan kendaraan ekspedisi.

Mereka menilai, tarif Tol Cisumdawu terlalu mahal untuk ruas sepanjang 32,55 kilometer yang saat ini sudah beroperasi.

BACA JUGA:BUKAN TOL CISUMDAWU, Rupanya Ini Jalan Tol Termahal di Indonesia, Per Kilometer Lebih dari Rp 2.000

Karenanya, sebagian sopir truk mengaku memilih menggunakan lagi Jalan Raya Cadas Pangeran daripada menggunakan akses tol yang mahal.

Sebagai gambaran, untuk kendaraan angkutan barang atau golongan II dan III di Tol Cisumdawu dikenakan tarif Rp 62 ribu untuk rute Cimalaka - Cileunyi.

Sedangkan untuk kendaraan golongan IV da V dikenakan tarif Rp 83 ribu untuk perjalanan dari Cimalaka sampai ke Cileunyi.

Dian Yuhadi yang merupakan sopir kendaraan ekspedisi mengungkapkan, untuk kendaraan Golongan II memang kebanyakan kembali menggunakan Jalan Cadas Pangeran.

BACA JUGA:Inilah 7 Daftar TOL TERMAHAL di Indonesia Termasuk TOL Cisumdawu, Per Kilometer Segini

Kecuali tarif tol ditanggung oleh perusahaan atau mereka yang menyewa. Sebab, kalau tidak begitu, ongkos perjalanan akan membengkak.

"Sekarang dari Cileunyi ke Cimalaka itu bisa Rp62 ribu," kata Dian, seperti dilansir dari Ini Sumedang.

Menurutnya, meski kendaraan ekspedisi mengutamakan kecepatan untuk sampai ke tujuan karena berkaitan dengan pengantaran, tetapi juga harus mempertimbangkan tarif atau biaya yang dikeluarkan.

Dengan jarak tempuh 32,55 kilometer, tentu saja melintasi Tol Cisumdawu tidak menjadi pilihan. Mengingat ongkos yang dikeluarkan menjadi lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: