BUKAN TOL CISUMDAWU, Rupanya Ini Jalan Tol Termahal di Indonesia, Per Kilometer Lebih dari Rp 2.000

BUKAN TOL CISUMDAWU, Rupanya Ini Jalan Tol Termahal di Indonesia, Per Kilometer Lebih dari Rp 2.000

Jalan tol termahal di Indonesia saat ini adalah Tol Pulogebang - Kelapa Gading dengan tarif Rp 2.167 per kilometer.-Irwan Reza Iskandar/Ist-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Total panjang jalan tol di Indonesia sampai dengan tahun 2024 diproyeksikan mencapai 3.490 kilometer, berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Pembangunan jalan tol di Indonesia, sebagian menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

Kemudian membentuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sebagai konsorsium pengelola, yang merupakan kolaborasi pemerintah, swasta hingga badan usaha milik negara.

Karenanya, penentuan tarif tol juga mempertimbangkan investasi yang dikeluarkan, termasuk pengembalian dan masa konsesi.

BACA JUGA:Inilah 7 Daftar TOL TERMAHAL di Indonesia Termasuk TOL Cisumdawu, Per Kilometer Segini

Misalnya, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Cisumdawu yang dibangun dengan skema KPBU dengan BUJT PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Ruas tol ini, baru saja menjadi sorotan setelah penyesuaian dan penetapan tarif untuk Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi - Cimalaka, yang dicap kemahalan.

Meski demikian, ternyata bukan Tol Cisumdawu yang merupakan jalan tol termahal di Indonesia. Ada yang menetapkan tarif di atas itu.

Sebab, penetapan tarif tol selain mempertimbangkan investasi juga mengacu pada kemampuan dan kemauan membayar masyarakat.

BACA JUGA:SUDAH Bulan Maret TOL CISUMDAWU Belum Selesai, Yakin Bisa untuk Mudik

Berikut adalah daftar jalan tol termahal di Indonesia:

1. Tol Dalam Kota Segmen Kepala Gading - Pulogebang

Ruas jalan tol ini, mengenakan tarif Rp 2.167 per kilometer, atau yang termahal di Indonesia. Pengenaan tarif ini, mempertimbangkan biaya investasi.

Sebab, ruas jalan tol ini seluruhnya menggunakan konstruksi elevated atau tol layang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: