Inilah 7 Daftar TOL TERMAHAL di Indonesia Termasuk TOL Cisumdawu, Per Kilometer Segini

Inilah 7 Daftar TOL TERMAHAL di Indonesia Termasuk TOL Cisumdawu, Per Kilometer Segini

Daftar jalan tol termahal di Indonesia mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Kalimantan dan Sumatera.-Kiatama04/Ist-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Sejumlah ruas jalan tol dibangun pemerintah untuk mempercepat konektivitas dari satu daerah ke daerah lainnya.

Keberadaan jalan tol juga menjadi pendukung perkembangan daerah dan hadirkan kawasan baru baik industri, pariwisata hingga pergudangan.

Pemerintah mendorong kehadiran jalan tol diantaranya dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Namun diantara sejumlah jalan tol yang beroperasi di Indonesia, beberapa diantaranya mematok tarif yang masuk kategori termahal.

BACA JUGA:SUDAH Bulan Maret TOL CISUMDAWU Belum Selesai, Yakin Bisa untuk Mudik

Kategori termahal ini, baik karena panjangnya jalan dan tarif yang harus dibayarkan. Atau pengenaan tarif per kilometer pada ruas tersebut.

Berikut daftar jalan tol termahal di Indonesia:

1. Tol Cisumdawu

Saat ini sudah beroperasi dari seksi 1 sampai dengan 3. Atau mulai dari Cileunyi sampai dengan Cimalaka. Pengenaan dan penyesuaian tarif ruas tol ini menjadi polemik lantaran dibilang kemahalan.

Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan mulai dari Seksi 1 sampai 3 memiliki panjang 32,55 kilometer dengan tarif golongan 1 mencapai Rp 1.274 per kilometer.

BACA JUGA:Bekerja di Tengah Kabut, Penampakan Terkini Interchange Paseh TOL CISUMDAWU Seksi 4

Dengan jarak tempuh tersebut dikenakan tarif Rp 41.500 untuk perjalanan dari Seksi 1 sampai dengan 3.

2. Tol Cipali

Bagian dari Ruas Jalan Tol Trans Jawa ini, menghubungkan Cirebon dengan Tol Jakarta Cikampek via Cikopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: