CERITA Perjalanan Menyusuri TOL CISUMDAWU Majalengka - Conggeang, Melihat Jembatan Terpanjang - Bagian 4

CERITA Perjalanan Menyusuri TOL CISUMDAWU Majalengka - Conggeang, Melihat Jembatan Terpanjang - Bagian 4

Perjalanan menuju jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu di Seksi 5B.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

Praktis yang tersisa adalah pekerjaan perapihan dan pembetonan lanjutan di lantai Jembatan Kedondong, berikut membangun median dan barrier pembatas di kanan kirinya.

Berlanjut ke arah Desa Conggeang Kulon, di tempat ini terlihat main road juga belum dibangun, karena masih berupa pembentukan lahan.

BACA JUGA:RAMADHAN, Warga Majalengka Bisa ke Masjd Raya Al Jabbar Lewat Tol Cisumdawu, 1 Jam Sampai, Masih Gratis

Juga sedang berlangsung aktivitas penimbunan untuk menyamakan antara ketinggian abutment jembatan dengan trase jalan yang mengarah ke Sumedang.

Percepatan memang sedang dilaksanakan di proyek Tol Cisumdawu Seksi 5B ini, meski di beberapa lokasi tidak bisa dikerjakan sampai 24 jam.

Salah seorang pengawas proyek, Ade mengatakan, di ruas Desa Cipelang konstruksi bisa dilaksanakan sampai 24 jam nonstop. Tetapi mendekati Desa Babakan Asem, hanya diizinkan sampai pukul 23.00 WIB.

"Kalau di sini sampai jam 10 malam (22.00 WIB), karena ini dekat permukiman warga," kata pekerja proyek asal Kabupaten Bandung Barat itu, saat ditemui di Desa Babakan Asem.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Diharapkan Maret Selesai, Mau Dipakai Mudik!

Saat ditanya terkait progres konstruksi, Ade terlihas pesimis ruas jalan tol tersebut dapat diselesaikan dalam waktu dekat.

Menurut dia, paling realistis adalah 2 bulan lagi atau setelah lebaran nanti. Mengingat masih adanya pekerjaan berat semisal penanganan longsor di dekat Underpass Desa Ungkal.

"Di sana yang longsor itu mau di-bore pile. Nggak tau itu kedalaman berapa bore pile-nya. Nggak tau juga berapa banyak butuhnya," tutur dia.

Kendati demikian, kontraktor pelaksana tetap mengupayakan agar pekerjaan berjalan dengan cepat dengan kualitas yang juga baik.

BACA JUGA:RAMADHAN, Warga Majalengka Bisa ke Masjd Raya Al Jabbar Lewat Tol Cisumdawu, 1 Jam Sampai, Masih Gratis

Termasuk berusaha agar Tol Cisumdawu dapat selesai sebelum mudik lebaran 2023 atau di pekan pertama April nanti.

Demikian cerita perjalanan menyusuri Tol Cisumdawu dari Majalengka sampai ke Conggeang, terutama di Seksi 5B yang bisa dibilang paling menantang dari ruas jalan di proyek tersebut. (habis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: