UPDATE Tol Cisumdawu H-1 Target Selesai, Seksi 5 Jalan Belum Dibeton, Waduh!

UPDATE Tol Cisumdawu H-1 Target Selesai, Seksi 5 Jalan Belum Dibeton, Waduh!

Update target Tol Cisumdawu yang belum selesai di H-1 akhir Februari 2023.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Update Tol Cisumdawu di H-1 target selesai dan tersambung ke Kabupaten Majalengka, atau akhir Februari 2023.

Target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan selesai dan tersambung dari Seksi 1 sampai dengan 6, sebelumnya diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Menteri PUPR menginginkan agar Jalan Tol Cisumdawu selesai dan tersambung ke Majalengka pada akhir bulan ini. Namun, sampai dengan Senin, 27, Februari 2023 masih belum ada tanda-tanda selesai. 

Terutama di Seksi 5A yang terdapat pembangunan jalan dan jembatan. Bahkan, di beberapa titik terlihat masih belum selesai dan dibeton.

BACA JUGA:Gerbang Tol Pasir Malati, Usul Tambahan Exit TOL CISUMDAWU ke Kabupaten Majalengka

Dari pantauan visual, akses jalan yang belum dibeton adalah di Underpass Cibodas dan Underpass Cipatat. Kemudian di sekitar Desa Cipamekar yang masih menyelesaikan urugan.

Pengurugan badan jalan tersebut akan dilanjutkan dengan pembetonan. Tetapi di area tersebut masih berlangsung urugan dan pembentukan main road menggunakan alat berat. 

Bergeser ke arah Sumedang, di Seksi 5A juga masih terdapat pembangunan Jembatan Parigi atau Conggeang yang memiliki panjang 636 meter.

Sedikitnya masih ada 5 pier head yang belum terpasang balok girder untuk dilakukan pembetonan pada lantai jembatan. Kendati dilakukan juga percepatan dengan secara paralel mengerjakan pengecoran di balok girder yang sudah terpasang.

BACA JUGA:WOW! Camat Dawuan Usul Pintu Tol Cisumdawu ke Majalengka Ditambah, Namanya Pasir Malati

Yang juga belum diselesaikan juga main road di Jembatan Conggeang. Sebab, perlu menyamakan antara ketinggian main road dengan tinggi permukaan jembatan.

Karenanya, dengan kondisi tersebut sudah dipastikan Jalan Tol Cisumdawu tidak tersambung pada akhir Februari 2023. Apalagi beroperasi secara fungsional. 

Seperti diketahui, Target Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dapat beroperasi fungsional sempat diungkapkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam dua kesempatan yang berbeda. 

Termasuk saat melaksanakan kunjungan lapangan ke Seksi 4 dan 5 Jalan Tol Cisumdawu, pada 10, Februari 2023. Menteri PUPR juga menargetkan pembangunan dapat selesai sebelum akhir bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: