UPDATE Terkini JALAN TOL CISUMDAWU, Seksi 5A Masih Tanah, Target Mundur Lagi

UPDATE Terkini JALAN TOL CISUMDAWU, Seksi 5A Masih Tanah, Target Mundur Lagi

Update terkini Jalan Tol Cisumdawu Seksi 5.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Update terkini Jalan Tol Cisumdawu terutama di Seksi 5 yang terhubung langsung dengan Seksi 6 Ujung Jaya dan Kertajati, Majalengka. 

Seksi 5 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan berada di wilayah Legok - Conggeang - Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang yang kini masih berlangsung pekerjaan konstruksi. 

Dari pantauan visual, terlihat Seksi 5A Desa Cipamekar, masih ada akses jalan yang belum bersambung dan berupa tanah lantaran ada kendala khusus dari kondisi medan. 

Lokasi persisnya di Dusun Sawah Pasir Kodok, di area tersebut terdapat lapisan tanah labil yang tidak bisa dilakukan pembetonan secara langsung.

BACA JUGA:KECELAKAAN di Tol Cipali Hari Ini, Bus Tabrak Truk Beras, 3 Orang Meninggal Dunia

Sehingga perlu dilakukan pengerukan dan dilakukan penimbunan agar dapat dilakukan pembentukan trase main road dan pembetonan. 

Saat ini, di Desa Cipamekar masih berlangsung pembentukan main road sepanjang beberapa ratus meter. Praktis jalan tol di area ini masih belum tersambung. 

Pengerjaan jalan juga masih dilaksanakan di dekat dan setelah Jembatan Conggeang. Sebab,  ketinggian badan jalan di area ini, harus disamakan dengan jembatan. 

Sebagai informasi, Jembatan Conggeang adalah yang kedua terpanjang di Jalan Tol Cisumdawu, karena mencapai 636 meter. Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Conggeang.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Masjid Raya Al Jabbar Ditutup Sementara, Ada Penataan Jelang Ramadhan

Sampai saat ini, pekerjaan di Jembatan Conggeang juga masih dilaksanakan. Tetapi juga terkendala dengan kondisi cuaca yang kerap hujan. Sehingga tidak bisa dilakukan percepatan. 

Jembatan Conggeang juga masih dalam pemasangan balok girder, meski secara paralel juga dilaksanakan pengecoran lantai jembatan. 

Trase jalan di daerah ini, juga terhubung dengan Seksi 5B yang ada di wilayah Conggeang - Ujung Jaya. Keseluruhan Seksi 5 Tol Cisumdawu memiliki panjang 14,90 kilometer. 

Target dari Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono agar Jalan Tol Cisumdawu beroperasi secara fungsional di akhir Februari 2023 sepertinya tidak akan tercapai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: