TOL CISUMDAWU Siap Dipakai Mudik Lebaran 2023, Kepadatan di Gerbang Palimanan Cirebon Jadi Sorotan

TOL CISUMDAWU Siap Dipakai Mudik Lebaran 2023, Kepadatan di Gerbang Palimanan Cirebon Jadi Sorotan

Tol Cisumdawu siap dipakai arus mudik dan balik lebaran 2023.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu bakal digunakan untuk mudik dan arus balik lebaran 2023, sebagai alternatif lalu lintas Bandung ke Kertajati dan Cirebon.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Yongki Triono yakin, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah dapat dioperasikan secara fungsional.

Sebab, saat ini pekerjaan konstruksi mendekati selesai. Oleh karenanya, akses tol sepanjang 62,60 kilometer tersebut dapat menjadi alternatif lalu lintas Bandung ke arah Cirebon dan Jawa Tengah.

"Kemungkinan besar Tol Cisumdawu sudah beroperasi fungsional saat mudik lebaran nanti," kata Yongki, di siaran pers tertulis, Jumat, 24, Februari 2023.

BACA JUGA:GOWES YUK! Ini 4 Rekomendasi Rute Sepeda Gunung di Majalengka, Banyak Tanjakan, Siap-siap Saja

Disampaikan Yongki, akses Jalan Tol Cisumdawu dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang melaksanakan mudik.

Baik dari arah Bandung ke Majalengka atau Cirebon dan sebaliknya. Sehingga dapat digunakan oleh masyarakat.

"Nanti bisa jadi alternatif jalan tol bagi pemudik," kata Yongki, terkait dengan rencana pengoperasian tol tersebut.

Sejauh ini, sebagian Tol Cisumdawu baru beroperasi secara fungsional meski kabarnya akan dikenakan tarif dalam waktu dekat.

BACA JUGA:3 Destinasi Wisata Paling Populer di Jatinangor Sumedang, Yuk Bisa Lewat TOL CISUMDAWU

Ruas Tol Cisumdawu yang sudah beroperasi penuh saat ini berada di Seksi 1 yakni Cileunyi - Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer. 

Sedangkan untuk Seksi 2 yakni Pamulihan - Sumedang sepanjang 17,05 kilometer dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer masih berstatus fungsional.

Karenanya, Seksi 2 dan 3 Tol Cisumdawu masih belum bertarif, dan menurut PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) baru akan ada penyesuaian.

Dari sisi progres konstruksi, saat ini di Seksi 4 juga mendekati selesai. Bahkan di ruas Cimalaka - Mandalaherang sudah hampir selesai dan pekerjaan menyisakan perapihan juga penataan tebing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: