10 HARI LAGI Target Tol Cisumdawu Beroperasi, Masih Banyak Jalan yang Tanah

10 HARI LAGI Target Tol Cisumdawu Beroperasi, Masih Banyak Jalan yang Tanah

Target Tol Cisumdawu beroperasi fungsional pada akhir Februari 2023.-Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - 10 hari lagi target Jalan Tol Cisumdawu beroperasi atau pada 28, Februari 2023, sesuai dengan kunjungan terakhir dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. 

Target tersebut disampaikan saat Menteri PUPR berkunjung ke Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan seksi 4 dan 5 pada akhir pekan kemarin. 

Menteri PUPR menyampaikan sejumlah arahan agar Seksi 4 dan 5 dapat selesai progres konstruksinya dan pada akhir bulan nanti dapat dioperasikan meski masih secara fungsional. 

Kendati demikian, target Tol Cisumdawu beroperasi itu, diragukan bakal tercapai. Khususnya pekerjaan di Seksi 5 yang masih menyisakan beberapa infrastruktur penunjang seperti jembatan.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Calon Rest Area Terindah di Tol Cisumdawu, Pemandangan Gunung Ciremai dan Tampomas

Dari pantauan visual di Seksi 5B yang tersambung ke Ujung Jaya terdapat Jembatan Kedondong sepanjang 743,5 meter. Pekerjaan jembatan tersebut baru saja menyelesaikan penyambungan balok girder. 

Di Seksi 5A juga tidak kalah berat, karena ada pekerjaan Jembatan Conggeang yang dalam upaya penyelesaian. 

Seperti diketahui, target Tol Cisumdawu beroperasi secara fungsional diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. 

Bahkan Basuki sepertinya sangat yakin Tol Cisumdawu dapat selesai akhir bulan ini, bahkan beroperasi secara fungsional. Terutama setelah melakukan inspeksi ke Seksi 4 dan 5. 

BACA JUGA:REALISTIS! TOL CISUMDAWU Kemungkinan Baru Sampai Seksi 4, Majalengka ke Bandung Masih Campur Jalan Umum

Menteri Basuki mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

Terutama di Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km) dan Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 km) yang ditargetkan akhir Februari dapat beroperasi fungsional.

"Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat," kata Menteri Basuki. "Sementara Seksi 5A dan 5B untuk memperhatikan kerapihan dan manajemen waktunya," pesan Menteri Basuki. 

Sementara itu, Presiden Direktur PT CKJT, Jusuf Hamka mengaku akan memperjuangkan Tol Cisumdawu agar dapat selesai sesuai dengan jadwal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: