UPDATE TOL CISUMDAWU, 13 Hari Lagi Tapi Bagian Ini Susah Sekali Tersambung, Masih Tanah

UPDATE TOL CISUMDAWU, 13 Hari Lagi Tapi Bagian Ini Susah Sekali Tersambung, Masih Tanah

Update Tol Cisumdawu di Seksi 5 Desa Cipamekar ada akses jalan yang belum tersambung karena kondisi tanah labil.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Meski ditargetkan beroperasi secara fungsional pada akhir Februari 2023, tetapi kondisi Jalan Tol Cisumdawu saat ini masih berhadapan dengan sejumlah tantangan.

Bahkan di beberapa bagian, pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan berhadapan dengan kondisi alam berupa tanah labil dan tantangan dari segi cuaca.

Karenanya, melihat kondisi di lapangan, wajar saja bila timbul keraguan apakah Tol Cisumdawu dapat selesai dan beroperasi secara fungsional pada akhir Februari 2023.

Dari pantauan visual di Seksi 5 Tol Cisumdawu tepatnya di Desa Cipamekar ke arah Cibeureyeuh, masih ada bagian yang susah sekali untuk tersambung.

BACA JUGA:SEJARAH TOL CISUMDAWU yang Dibangun 2011 Tapi Baru Selesai 2023, Kini Nyambung ke Majalengka

Yakni, main road di Desa Cipamekar yang masih berupa tanah labil dan masih dalam penanganan menggunakan alat berat.

Lapisan tanah labil tersebut membuat main road belum tersambung kurang lebih pada jarak sekitar 100 meter.

Alat berat saat ini dikerahkan untuk melakukan pengerukan bagian tanah yang labil, untuk kemudian dilakukan pengurugan atau penimbunan dengan material keras.

Saat ini, penimbunan yang diperkirakan membutuhkan 80 ribu meter kubik tanah tersebut masih dilaksanakan. Bahkan belum terbentuk struktur jalan di atasnya.

BACA JUGA:Sejarah JALAN TOL CISUMDAWU, 62,60 Km Bandung ke Majalengka Selesai Setelah 2 Gubernur dan 2 Presiden

Di lokasi terpisah yakni Seksi 5A, juga masih ada pekerjaan Jembatan Conggeang dengan panjang 636 meter. Akses ini juga masih dalam pengerjaan dan percepatan pembangunan.

Sedangkan di Seksi 5B, pekerjaan juga masih berjalan untuk melakukan pembangunan Jembatan Kedondong yang membentang sepanjang 743,5 meter.

Tanpa kedua jembatan tersebut, tentu saja Jalan Tol Cisumdawu tidak akan bisa tersambung dan beroperasi secara fungsional pada akhir Februari 2023.

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono justru yakin bahwa Tol Cisumdawu dapat diselesaikan sebelum akhir Februari dan dapat beroperasi secara fungsional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: