Sejarah JALAN TOL CISUMDAWU, 62,60 Km Bandung ke Majalengka Selesai Setelah 2 Gubernur dan 2 Presiden

Sejarah JALAN TOL CISUMDAWU, 62,60 Km Bandung ke Majalengka Selesai Setelah 2 Gubernur dan 2 Presiden

Sejarah Jalan Tol Cisumdawu yang pembangunannya dilaksanakan pada 2011 dan baru selesai 2023, menghubungkan Bandung dengan Majalengka.-rochamedia-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Sejarah Jalan Tol Cisumdawu yang sebentar lagi akan beroperasi secara fungsional atau tepatnya sesuai target yakni akhir Bulan Februari 2023.

Berdasarkan catatan, sejarah Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dimulai saat dilaksanakan peletakan batu pertama pada tahun 2011 di Desa Citali, Kelurahan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

Awalnya, Jalan Tol Cisumdawu ditargetkan selesai pada tahun 2016 atau berbarengan dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Pada waktu itu, Tol Cikopo Palimanan (Cipali) juga baru saja dibangun dan berhasil selesai di tahun 2015 yang menghubungkan Cirebon dengan Jakarta.

BACA JUGA:13 HARI LAGI Tol Cisumdawu Nyambung ke Majalengka, Berikut Penampakan di Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan

Tetapi, Tol Cipali justru berhasil selesai lebih dahulu. Sementara Jalan Tol Cisumdawu justru tersendat-sendat karena beragam masalah.

Bahkan sampai gubernur berganti, juga presiden berganti tidak juga dapat diselesaikan karena beragam masalah. Terutama dalam aspek pembebasan lahan, di samping sisi teknis.

Ketika dilaksanakan peletakan batu pertama tahun 29, November 2011 yang melakukan adalah Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Menteri PUPR, Djoko Kirmanto.

Presiden Republik Indonesia (RI), Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY masih menjabat di periode kedua.

BACA JUGA:13 HARI LAGI Tol Cisumdawu Ditarget Beroperasi Fungsional, Seksi 6 Sudah Tersambung ke Majalengka

Sampai dengan waktu yang ditetapkan yakni target selesai pada 2016, jalan tol tersebut tidak kunjung dapat diselesaikan. Hingga Gubernur Jabar berganti dan dijabat Ridwan Kamil.

Juga presiden ikut berganti dan dijabat oleh Ir Joko Widodo. Barulah di periode kedua Presiden Jokowi, jalan tol ini mendekati selesai.

Pelaksana Pekerjaan

Jalan Tol Cisumdawu dibangun dengan pembagian tugas antara pemerintah dengan swasta. Yakni di Seksi 1 dan 2 dibangun oleh pemerintah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: