BARU SADAR, Ini 5 Keanehan di Tol Cisumdawu, Ada Jembatan Terpanjang, Padahal Tidak Ada Sungai

BARU SADAR, Ini 5 Keanehan di Tol Cisumdawu, Ada Jembatan Terpanjang, Padahal Tidak Ada Sungai

Ada sejumlah keanehan di Tol Cisumdawu yang menjadi daya tarik jalan bebas hambatan tersebut.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Sejumlah keanehan meliputi pembangunan Jalan Tol Cileunyi SUMEDANG Dawuan atau Cisumdawu yang saat ini berjalan.

Para pengendara yang melintas di Jalan Tol Cisumdawu mulai Seksi 1 sampai dengan 3 juga menjumpai banyak keanehan dan mengungkapkan pengalamannya.

Keanehan di Tol Cisumdawu tersebut, sebenarnya bisa dijelaskan dan membuat akses jalan bebas hambatan ini menjadi semakin menarik.

Hal-hal aneh yang bakal ditemui di Tol Cisumdawu sebagian sudah dikerjakan, tetapi ada juga yang masih bersifat rencana dan akan dibangun.

BACA JUGA:SIAP-SIAP KECEWA, Jembatan Kedondong Jalan Tol Cisumdawu Belum Tersambung, Bakal Selesai Februari?

Salah satu keanehan adalah dibangunannya Jembatan Kedondong yang merupakakan jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu.

Jembatan ini, dibangun di atas tanah dengan kontur berbeda-beda. Tetapi tidak ada sungai yang mengalir di bawahnya. Lantas, kenapa sampai harus dibuat jembatan?

Rupanya ada alasan teknis, sampai akhirnya jalan tanah tersebut dibuat jembatan dan dikerjakan oleh PT Girder Indonesia.

Karena itu, mari kita simak hal aneh di Tol Cisumdawu yang tidak ditemukan di akses jalan tol lainnya baik yang akan dibangun maupun sudah ada.

BACA JUGA:5 KEANEHAN TOL CISUMDAWU, Pengendara Harus Waspada, Sopir Truk Bilang Ngeri

1. Jembatan Kedondong

Jembatan Kedondong berada di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, tepatnya di Seksi 5B. Gelar jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu layak disematkan karena memiliki panjang 743,5 meter.

Ada alasan khusus kenapa di area ini dibangun jembatan. Padahal, di bawahnya tidak ada aliran air sungai ataupun tebing. Ternyata, tanah di situ sangat labil dan ketika di bor baru ditemukan lapisan keras di kedalaman 40 meter.

Karenanya, dibangun konstruksi menggukan bore pile dan dibuat pier head untuk menyangga balok girder dan di atasnya akan dibangun main road.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: