PR BESAR Jusuf Hamka di Jalan Tol Cisumdawu, Harus Tuntaskan Seksi 4 Sampai 6

PR BESAR Jusuf Hamka di Jalan Tol Cisumdawu, Harus Tuntaskan Seksi 4 Sampai 6

Pengusaha Jusuf Hamka punya PR besar untuk menuntaskan Jalan Tol Cisumdawu.-Jusuf Hamka/Ig-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Jusuf Hamka punya PR besar di proyek Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Tol Cisumdawu, untuk menuntaskan Seksi 4 sampai 6 sesegera mungkin.

Jusuf Hamka adalah Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) yang merupakan konsorsium pemegang konsesi untuk Jalan Tol Cisumdawu Seksi 3 sampai dengan 6.

Di sindikasi itu, perusahaan milik Jusuf Hamka yakni PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk menjadi pemegang saham mayoritas 54,59 persen.

Perusahaan keroyokan BUMN dan swasta itu, komposisi pemegang sahamnya juga dimiliki oleh PT Waskita Toll Road 16,06 persen.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beroperasi, Jalan Cadas Pangeran Sepi, Pedagang Ubi Cilembu Mengeluh

Kemudian PT Brantas Abipraya (Persero) 25,69 persen dan terakhir adalah PT Jasa Sarana memiliki saham minoritas sebesar 3,67 persen.

Lewat sindikasi itu, pada Desember 2022, didapat gelontoran dana dari pinjaman bank dan PT SMI sebesar Rp 1,95 triliun yang akan dipakai untuk penyelesaian Tol Cisumdawu.

Dari Seksi 1 sampai dengan 6, perusahan Jusuf Hamka memegang konsesi di Seksi 3 sampai dengan 6. Sejauh ini, baru seksi 3 yang telah diselesaikan dan beroperasi.

Sedangkan Seksi 4 sampai dengan 6 masih dalam proses pengerjaan oleh kontraktor pelaksana proyek.

BACA JUGA:UPDATE! Penampakan Terkini Jalan Tol Cisumdawu, 23 Km Lagi Nyambung ke Kertajati

Namun, yang paling urgen adalah di Seksi 4 dan 5 Tol Cisumdawu, karena progres pekerjaan baru berkisar antara 70 sampai dengan 90 persen saja.

Berbeda dengan di Seksi 6 yang pekerjaannya sudah selesai 100 persen dan menghubungkan antara Ujung Jaya ke Dawuan, meski belum beroperasi.

Menurut Jusuf Hamka, dirinya menggunakan sebagian besar uang pribadi untuk progres sampai dengan 80 persen. Kemudian sisanya pembiayaan dari bank syariah untuk menuntaskan sisanya.

Jusuf Hamka baru menandatangani pembiayaan Tol Cisumdawu sebesar Rp5,5 triliun pada 28, Desember 2022. Padahal, di tahap tersebut proyek sudah dalam posisi 20 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: