ANEH TAPI NYATA, Jembatan Terpanjang di Tol Cisumdawu, Padahal Nggak Ada Sungai

ANEH TAPI NYATA, Jembatan Terpanjang di Tol Cisumdawu, Padahal Nggak Ada Sungai

Jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu yakni Jembatan Kedondong di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu atau Jalan Tol Cileunyi SUMEDANG Dawuan berada di Seksi 5B Conggeang atau Jembatan Kedondong.

Anehnya, di lokasi jembatan terpanjang di Tol Cisumdawu justru tidak ada aliran sungai. Area sekitarnya justru berupa tanah berbukit dengan elevasi yang berbeda-beda.

Saat ini, berdasarkan pemantauan visual dari Kang Kandang, sedang dilakukan pengecoran pier head terakhir. Lebar pier head mencapai 35,1 meter terdiri dari 2 jalur dan 4 lajur.

Pengecoran pier head terakhir dilakukan sebelum pemasangan grider untuk jembatan dan selanjutnya menyambungkan area di Cacaban tersebut ke arah Kertajati, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:BENARKAH TOL CISUMDAWU Selesai Februari 2023, Kenyataannya di Tempat Ini Jalan Masih Tanah

Jembatan ini memiliki panjang 747 meter, karenanya menjadi yang terpanjang di sepanjang ruas jalan tol penghubung Bandung dengan Majalengka tersebut.

Rupanya, pembangunan jembatan dikarenakan kondisi tanah yang sangat labil, dan setelah dilakukan pengeboran baru ditemukan tanah keras di kedalaman 40 meter.

Melihat kondisi itu, yang paling cocok adalah dibuatkan jembatan membentang sejauh 747 meter dari arah Cacaban di Seksi 5B Conggeang.

Dari pantauan yang sama, di sekitar Jembatan Kedondong juga belum terbangun main road yang dibeton sampai ke over pass Cacaban, Kecamatan Conggeang atau sekitar 1,5 sampai dengan 2 kilometer.

BACA JUGA:WOW KEREN! Bakal Ada 30 Hotel di Rest Area Tol Trans Jawa, Tol Cipali Juga, Swiss-Belexpress Sudah Siap

Di kawasan ini, main road baru berbentuk perataan tanah untuk pembuatan struktur yang akan dilanjutkan dengan pembetonan.

Karena itu, pembangunan Tol Cisumdawu di Seksi 5A dan Seksi 5B baru memasuki progres dengan kisaran 60-70 persen saja pada Januari 2023.

Kondisi di Seksi 5A dan 5B yang berada di Kecamatan Conggeang memang kurang lebih sama. Di Seksi 5A juga terdapat Jembatan Conggeang dengan panjang 636 meter.

Tetapi, di Seksi 5A sebagian sudah terbangun overpass, underpass dan main road di sekitar Conggeang Kulon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: