PENAMPAKAN Jembatan Terpanjang Tol Cisumdawu, Ada di Conggeang, Panjangnya 636 Meter

PENAMPAKAN Jembatan Terpanjang Tol Cisumdawu, Ada di Conggeang, Panjangnya 636 Meter

Jembatan Conggeang di Tol Cisumdawu Seksi 5A dan menjadi yang terpanjang yakni sekitar 636 meter. -Apri Subroto/Youtube-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pekerjaan berat terlihat di Jalan Tol Cisumdawu Seksi 5A Conggeang, Kabupaten SUMEDANG, karena terdapat jembatan hingga underpass.

Tidak sekadar penghubung, Jembatan Conggeang adalah yang terpanjang di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, membentang di atas tebing dan jurang sepanjang 636 meter.

Tiang-tiang penyangga Jembatan Conggeang terlihat sudah terbangun dan menyambung ke titik akhir Tol Cisumdawu Seksi 5A dan 5B.

Di lokasi ini, nampak pekerjaan cukup rumit. Sebab, selain jembatan juga ada underpass di mana di bawahnya terdapat Jalan Penghubung Conggeang ke Buah Dua.

BACA JUGA:GASKEUN! Tol Cisumdawu Seksi 5A Conggeang Dikebut, Ada Jembatan Terpanjang 600 Meter

Di dekat main road Conggeang Kulon yang juga masih berada di Seksi 5A, juga terdapat underpass yang di bawahnya terdapat Jalan Utama Paseh.

Karena itu, pekerjaan main road sebagian belum dibeton dan masih berupa penimbunan tanah untuk menyamakan kontur jalan dengan underpass maupun jembatan.

Kondisi ini, terlihat di ruas main road yang masuk ke wilayah Desa Cibereuyeh, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Dengan progress pembangunan tersebut di Seksi 5A memang baru mencapai sekitar 60 hingga 70 persen saja. Jauh bila dibandingkan dengan Seksi 6A yang sudah di atas 95 persen dan Seksi 6B yang sudah 100 persen.

BACA JUGA:Hanya 22 Kilometer, Exit Tol Cisumdawu Bisa Tembus ke Jatibarang Indramayu, Kang Emil Sudah Kasih Lampu Hijau

Kendati demikian, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan konstruksi Tol Cisumdawu ditargetkan selesai pada akhir Februari nanti, meski pengelola menginginkan Maret.

Menteri Basuki mengungkapkan hal tersebut di hadapan rapat kerja Komisi V DPR RI. Pihaknya menginginkan akses tol tersebut memberikan manfaat kepada masyarakat di Ciayumajakuning. 

Termasuk sebagai dukungan akses terhadap Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

"Tol Cisumdawu sangat penting bagi perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Ciayumajakuning," kata Menteri PUPR, seperti dilansir dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: