GASKEUN! Tol Cisumdawu Seksi 5A Conggeang Dikebut, Ada Jembatan Terpanjang 600 Meter

GASKEUN! Tol Cisumdawu Seksi 5A Conggeang Dikebut, Ada Jembatan Terpanjang 600 Meter

Progres Tol Cisumdawu Seksi 5A Conggeang, Kabupaten Sumedang yang berada di kisaran 60 persen. -Apri Subroto/Youtube-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Progres terkini Tol Cisumdawu Seksi 5A di Conggeang, Kabupaten SUMEDANG, kini dalam tahap pembetonan main road atau lajur utama, Senin, 23, Januari 2023.

Sebagian ruas Tol Cisumdawu atau Cileunyi Sumedang Dawuan di Seksi 5A atau Conggeang memang masih berupa tanah hasil pengerasan. Karenanya, progres-nya memang jauh tertinggal dengan Seksi 6A dan 6B yang sudah 100 persen.

Melansir Visualisasi Apri Subroto, masih terdapat area yang masih dalam tahap perataan melibatkan alat berat untuk membuat penimbunan untuk struktur main road.

Tetapi, sudah terbangun underpass untuk akses jalan warga dari arah Conggeang ke Buah Dua, yang melintasi bagian tepat di bawah main road jalan tol.

BACA JUGA:Hanya 22 Kilometer, Exit Tol Cisumdawu Bisa Tembus ke Jatibarang Indramayu, Kang Emil Sudah Kasih Lampu Hijau

Kondisi berbeda di area selepas main road yang mengarah ke Kertajati. Baik di lajur kanan dan kiri sudah selesai dilakukan pembetonan atau pengecoran main road.

Pekerjaan berat yang terlihat di bagian tersebut adalah pembangunan Jembatan Conggeang yang membentang cukup panjang. Namun strukturnya nampak sudah selesai terbuat.

Selepas Jembatan Conggeang yang memiliki panjang 636 meter tersebut adalah area akhir dari Seksi 5A dan berlanjut ke Seksi 5B.

Di area Desa Cibereuyeuh pembangunan juga terlihat makin meningkat progress-nya. Pembetonan sudah terlihat tersambung dengan underpass yang di bawahnya terdapat akses jalan utama Paseh.

BACA JUGA:Mengenal Juntion Dawuan, Jalan Tol Cisumdawu dan Tol Cipali Bertemu, Ini di Majalengka Loh!

Karenanya, menarik dinantikan apakah target pada Februari 2023 Jalan Tol Cisumdawu seluruhnya dapat tersambung atau mundur sesuai prediksi awal yakni Maret.

Namun setidaknya, target yang dikejar adalah ruas jalan tersebut tuntas sebelum mudik lebaran 2023. Sehingga bisa dipakai oleh pemudik dari arah Bandung ke Cirebon dan Majalengka.

Diberitakan sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan konstruksi Tol Cisumdawu ditargetkan selesai pada akhir Februari nanti, meski pengelola menginginkan Maret.

Menteri Basuki mengungkapkan hal tersebut di hadapan rapat kerja Komisi V DPR RI. Pihaknya menginginkan akses tol tersebut memberikan manfaat kepada masyarakat di Ciayumajakuning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: apri subroto youtube channel